Jakarta (ANTARA) - Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jakarta pimpinan M Reza Ihsan Rajasa terus berusaha mengenalkan olahraga golf ke kalangan milenial Ibu
Kota yang salah satunya dengan menggandeng klub sepak bola Persija Jakarta yang memiliki banyak pendukung.

"Metode lintas cabang olahraga semacam ini penting, dan sudah menjadi tren di dunia, guna menguatkan ekosistem komunitas olahraga di masyarakat," kata M Reza Ihsan Rajasa dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin.

Tidak hanya dengan Persija Jakarta, PGI DKI Jakarta kepengurusan baru ini juga menjalin kerjasama dengan manajemen tim bola basket Amartha Hang Tuah Jakarta. Salah satu visinya adalah agar golf semakin diterima masyarakat dan dimainkan anak muda sebagai olah raga prestasi.

Baca juga: Anak Hatta Rajasa klaim dapat dukungan penuh pimpin PGI Jakarta

“Saya sudah berkomunikasi dengan manajemen Persija dan Hang Tuah, dan Alhamdulilah, manajemen Persija, klub ikon Ibu Kota, dengan senang hati menyambut niat PGI Jaya. Juga Hang Tuah yang memberikan respon positif. Ini model baru, dan ke depan memang eranya kolaborasi di segala bidang," kata Reza menambahkan.

Kampanye PGI Jaya lainnya, akan secara serius menggarap platform media sosial sebagai etalase Golf Jakarta, khususnya para atletnya. Dalam kaitan dengan prestasi, akhir tahun ini Provinsi DKI Jakarta akan mengikuti Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2020 Papua. Cabang olahraga golf sendiri selama ini cukup signifikan dalam menyumbang medali ke kontingen DKI.

Reza memastikan PGI Jaya akan bekerja keras untuk mengukuhkan posisi Jakarta sebagai yang terkuat di cabang golf. Bahkan ia bertekad mengulang prestasi di PON 2012 dengan menyapu bersih semua medali yang dipertandingkan.

PGI DKI Jakarta periode 2020-2024 baru saja dikukuhkan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) Murdaya Po. Dalam pelantikan pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Forum Wartawan Peduli Jakarta dukung atasi anak stunting melalui golf

M Reza Ihsan Rajasa terpilih sebagai Ketua Umum PGI Jaya masa bakti 2020-2024 pada Musyawarah Provinsi (Musprov) di Gedung KONI DKI Jakarta, 19 Januari lalu.
Ketua PGI DKI Jakarta M Reza Ihsan Rajasa (keempat dari kanan) berpose bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kelima dari kanan) dan Ketua Umum PB PGI Murdaya Po di Balaikota Jakarta, Senin (9/3/2020). ANTARA/HO/PGI DKI Jakarta

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan mengurus golf membutuhkan dedikasi, semangat dan keikhlasan karena yang muncul ke depan adalah para atletnya. Untuk sampai kesana dibutuhkan kerja keras para pengurusnya.

"Jakarta sebagai ibu kota, banyak memiliki potensi-potensi besar, karena itu pengurus PGI DKI Jaya punya irisan dengan pengurus pusat. Saya berharap golf bukan hanya menyentuh segmen tertentu tetapi juga berpihak pada semua kalangan, mereka yang berprestasi yang harusnya mendapat kesempatan," katanya.

Menurut dia, lapangan golf yang ada sudah digunakan secara global sehingga tanggung jawabnya tidak hanya sebagai tuan rumah. Namun, tuan rumah diharapkan bisa berprestasi lebih dari peserta negara yang datang dalam sebuah kejuaraan.

Baca juga: Tingkatkan daya saing peserta, PGAI Matchplay 2020 gunakan lapangan berstandar internasional

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020