Inspirasi desain apartemen mungil

Inspirasi desain apartemen mungil

Apartemen minimalis satu kamar tidur dengan model loft (loteng) (ANTARA/HO/Arsitag)

Jakarta (ANTARA) - Hunian berupa apartemen kecil bisa dikreasikan sedemikian rupa untuk membuatnya terasa nyaman dan lapang.

Salah satu inspirasi desain dari jasa arsitek Arsitag yang bisa diaplikasikan adalah mengusung konsep loft (loteng) minimalis dengan langit-langit yang tinggi.

Loft bisa difungsikan sebagai kamar tidur. Tepian loft dibatasi dengan besi-besi putih yang simpel dilengkapi sekat transparan untuk efek lebih lega.

Meskipun berada di ketinggian, sekat transparan membuat area loft tetap mendapat paparan cahaya alami dari jendela apartemen yang berukuran besar.

Menyiasati ukuran apartemen yang mungil dan area loft yang terbatas, bagian bawah anak tangga menuju loft bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan dengan model lemari tertutup.

Rak terbuka
 
Rak terbuka (ANTARA/HO/Arsitag)

Penyimpanan tertutup bermanfaat menyembunyikan barang keperluan pribadi secara rapi. Selain lemari penyimpanan tertutup, area di bawah loft dikombinasikan juga dengan rak model terbuka. Tak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang, rak terbuka ini berfungsi sebagai dekorasi apartemen yang memamerkan aneka pernak-pernik yang ditata di dalamnya.

Baca juga: Tingkat hunian hotel di Puncak-Cipanas menurun hingga 35 persen

Baca juga: Waskita FIM Perkasa Realty pasarkan tower kedua Vasaka Pejaten Jaksel

Baca juga: Tips menyiasati rumah kecil


Material kayu

Penggunaan motif kayu natural pada rak penyimpanan terbuka, kabinet-kabinet dapur, meja kerja, hingga anak tangga menuju loft menciptakan kesan ruangan terasa lebih lega sekaligus bercahaya, ditambah menghadirkan kesan hangat.

Dekorasi hijau di beberapa sudut apartemen bermanfaat mempermanis motif kayu natural.
 
Penggunaan material kayu (ANTARA/HO/Arsitag)



Dapur minimalis

Menyesuaikan dengan ukuran apartemen yang mungil, konsep minimalis turut diterapkan di area dapur. Area dapur cukup menempati salah satu sisi dinding apartemen saja.
Dapur minimalis (ANTARA/HO/Arsitag)

Berkat penataan dapur yang optimal, kegiatan menyiapkan santapan dapat berlangsung nyaman, meskipun hanya mendapat sedikit ruang.

Kabinet-kabinet dapur dibuat di bagian atas dan bawah, sehingga mampu memenuhi kebutuhan penyimpanan berbagai barang dapur. Bahkan, penempatan mesin cuci di satu sisi tak membuat sesak area dapur.

Dapur mungil ini dilengkapi pula dengan perlengkapan dapur modern, yakni salah satunya kompor tanam.

Perlengkapan dapur modern dengan model yang ramping memudahkan penempatannya karena tidak memakan banyak tempat. Desain dapur mungil yang rapi dan bersih benar-benar cocok untuk apartemen dengan konsep terbuka.

Meja makan simpel

Meja makan bisa sekaligus berfungsi sebagai pembatas antara area dapur dan ruang duduk. Meja makan warna putih dengan desain yang ringan dan sepasang kursi makan motif kayu warna cokelat muda, sangat merepresentasikan dua tema warna utama. Simpel dan rapi.
 
Dapur minimalis (ANTARA/HO/Arsitag)


Ruang makan mungil semakin terasa istimewa dengan adanya sebuah lampu gantung berbentuk mirip bunga mawar berukuran besar.

Selain pencahayaan dari lampu gantung, area dapur dan ruang makan tampak cantik berkat lampu-lampu strip yang dipasang tersembunyi. Lampu-lampu inilah yang menonjolkan plafon berjenjang di atasnya jadi lebih artistik.

Penataan dan desain interior aparteman ini membuktikan apartemen mungil satu kamar tidur dengan konsep loft minimalis dapat menjadi hunian yang modern dan nyaman.

Desainnya sangat cocok untuk kaum urban yang membutuhkan hunian sekaligus tempat istirahat yang menyenangkan.

Baca juga: Memimpikan hunian di bawah Rp300 juta di Bodetabek

Baca juga: Gaya hidup bikin generasi milenial sulit beli rumah

Baca juga: Trik punya rumah sendiri bagi milenial baru bekerja



(Advertorial)

Pewarta: I025
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar