Moskow (ANTARA News/AFP)- Angkatan laut Rusia akan memantau latihan kapal selam oleh angkatan laut Amerika Serikat yang akan diselenggarakan di bawah Samudra Kutu Utara akhir bulan ini, kata jurubicara angkatan laut Rusia kepada kantor berita RIA Novosti, Kamis.

"Setiap kegiatan oleh kapal selam asing di sekitar perbatasan maritim Rusia tentu saja memerlukan perhatian yang meningkat oleh angkatan laut," kata jurubicara Armada Pasifik Rusia yang berpangkalan di pelabuhan Vladivostok.

Pemantauan seperti itu sangat penting "mengingat bahwa selama pelatihan terakhir ada satu kejadian pada kapal selam Inggris," katanya kepada RIA Novosti, mengacu insiden tahun 2007 di Kutub Utara yang menewaskan dua pelaut Inggris.

Pernyataan-pernyataan itu dibuat setelah suratkabar Navy Times yang punya hubungan dengan angkatan laut AS, Selasa memberitakan dua kapal selam bertenaga nuklir sedang menuju ke perairan Alaska untuk ikut serta dalam pelatihan Ice Exercise (ICEX) 2009.

Pada pelatihan ICEX sebelumnya tahun 2007, dua pelaut Inggris tewas dan seorang lainnya cedera dalam satu ledakan dan tembakan akibat sistem penyaringan air tidak berfungsi di kapal HMS Tireless, sebuah kapal selam pemburu.

Tidak ada kapal selam Inggris ikut serta dalam pelatihan tahun ini,kata Navy Times, mengidentifikasi dua kapal selam AS adalah Helena dan Annapolis.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009