Jakarta (ANTARA News) - Koordinator Tim 45 Dewan Integritas Bangsa (DIB) Salahuddin Wahid mengatakan, penentuan calon presiden (capres) hasil konvensi DIB baru akan ditentukan beberapa hari lagi walaupun putaran terakhir konvensi telah berakhir di Jakarta Sabtu ini.

"Tidak mudah karena ini baru kali pertama," kata Gus Sholah, panggilan Salahuddin Wahid, di Jakarta, Sabtu, di sela konvensi terakhir yang diikuti bakal calon presiden Bambang Sulistomo, Marwah Daud Ibrahim, Rizal Ramli dan Yuddy Chrisnandi.

Konvensi diadakan di delapan kota yakni Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Bandung, Medan, Makassar, Pontianak, dan Jakarta, sementara konvensi di beberapa kota seperti Ambon, Manado, dan salah satu kota di Papua dibatalkan.

Konvensi tersebut antara lain bertujuan menghadirkan capres alternatif dari yang ada sekarang.

Gus Sholah mengatakan, ia juga belum bisa memastikan apakah akan dipilih satu bakal capres atau lebih karena masih akan dibahas Tim 45 DIB.

Ia mengatakan, DIB belum mengomunikasikan hasil konvensi tersebut ke parpol-parpol.

Pada putaran konvensi terakhir, bertindak sebagai tim ahli adalah para pimpinan berbagai media massa, baik elektronik maupun cetak. Mereka mengajukan beberapa pertanyaan kepada bakal calon presiden.

Konvensi tersebut dihadiri pula para pendukung bakal capres dan diwarnai kampanye pembagian pin, stiker, buku, kalender dan selebaran. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009