Yogyakarta (ANTARA News) - Ayah bukan hanya sekedar penyandang gelar sebagai kepala keluarga, tetapi juga diharapkan menjadi "superdad" keluarga.

"Ayah mempunyai peran penting dalam tumbuh kembang anak sebagai `partner` ibu sehingga menjadi tim yang solid," kata Senior Brand Manager Lifebuoy, Lusi Wilyastuti Suwito di Yogyakarta, Selasa.

Selain itu, katanya pada acara "meet and greet with superdad", ayah juga memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam mengurus dan mendidik anak serta menjadi figur "pelindung" keluarga.

Ia mengatakan, di mata seorang anak, kehadiran sosok ayah tidak kalah penting dibandingkan dengan ibu.

Kehadiran dan segala tindakan kecil yang dilakukan ayah di saat yang tepat akan menjadikan "nilai" ayah di mata anak semakin bertambah dan menjadikannya seorang "superdad".

"Memahami kebutuhan sebuah keluarga akan sosok ayah yang bisa diandalkan dalam segala hal, Lifebuoy sabun kesehatan keluarga produksi PT Unilever Indonesia Tbk mengadakan program `the search for superdad`," katanya.

Ajang pencarian "superdad" itu diselenggarakan di tujuh kota, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Medan, dengan kriteria antara lain memiliki kualitas waktu yang baik untuk anak, memiliki sifat pengertian, sabar, berani, dan kreatif.

Selain itu, kompak dengan istri dalam mengasuh anak, dapat diandalkan dan bisa menjadi pelindung, dapat melaksanakan tugas dwifungsi di rumah, dan sebagai mitra dalam menjalankan tugas rumah.

"Ajang itu mendapat sambutan positif dari masyarakat, yang dibuktikan dengan banyaknya jumlah peserta yang masuk. Dari 11.130 peserta yang mendaftar telah terpilih 10 calon `superdad` di masing-masing kota," katanya.

Menurut dia, di Yogyakarta dan Semarang telah terpilih 20 calon yang selanjutnya akan dipilih dua orang untuk mewakili masing-masing kota tersebut ke "grand final" di Jakarta pada April 2009.

"Pemilihan calon `superdad` yang akan mewakili kota masing-masing itu juga melibatkan partisipasi masyarakat melalui polling SMS untuk ikut mendukung calon yang dijagokan," katanya.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009