London (ANTARA News/Reuters/AFP) - Liverpool mengungguli Real Madrid dengan kemenangan meyakinkan 4-0 untuk mencapai perempatfinal Liga Champions, Rabu (11/3) dini hari.

Real, yang tertinggal 0-1 pada leg pertama, tidak mampu menjawab penampilan menyerang yang cemerlang dari Liverpool yang membuat tim asal Spanyol itu tersingkir pada babak 16 besar selama lima musim berturut-turut.

Dirk Kuyt mengatur bola dan memberikan umpan bagi Fernando Torres yang mencetak gol setelah sembilan menit dan tendangan penalti Steven Gerrard memberi Liverpool keunggulan 2-0 menyusul handball dari pemain belakang Real, Gabriel Heinze.

Tidak ada peluang bagi Real ketika umpan silang Ryan Babel disudahi oleh Gerrard dua menit usai turun minum dan pemain cadangan Andrea Dossena mencetak angka terakhir bagi Liverpool 4-0.

Sukses Liverpool juga disusul wakil Inggris lainnya, Chelsea yang pada pertandingan lain menahan imbang tuan rumah Juventus 2-2, sehingga secara keseluruhan unggul dengan agregat 3-2.

Dua gol Chelsea dihasilkan duo pemain asal Afrika, Didier Drogba dan Michael Essien.

Juventus sempat membuka harapan ketika unggul 2-1 berkat gol Vincenzo Iaquinta dan pemain veteran yang masih bersinar, Alessandro Del Piero.

Namun gol Drogba akhirnya memupus harapan tuan rumah Juventus untuk lolos ke babak perempat-final.

Juventus yang bertanding dihadapan pendukung mereka sendiri, harus menang karena tertinggal 0-1 pada pertemuan pertama di Stamford Bridge.

Pelatih Claudio Ranieri tidak punya pilihan lain kecuali menampilkan permainan menyerang dengan menurunkan formasi Del Piero, David Trezequet dan Iaquinta.

Juve baru berhasil menjebol gawang lawan pada menit ke-19 melalui Iaquinta.Tapi keunggulan 1-0 tersebut tidak berlangsung lama karena dua menit menjelang babak pertama usai, Essien berhasil memperkecil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Harapan tuan rumah kembali timbul ketika Del Piero membawa timnya kembali unggul 2-1 melalui titik penalti pada menit ke-74 sebelum Drogba akhirnya memupus harapan tersebut pada menit ke-82 . (*)

Pewarta:
Editor: Guntur Mulyo W
Copyright © ANTARA 2009