Jakarta (ANTARA News) - Dua ganda putra pelatnas langsung tersingkir ketika turnamen Swiss Terbuka Super Series baru dimulai, setelah pasangan Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama dan Bona Septano/Muhammad Ahsan gagal mengatasi lawan-lawan mereka.

Pada pertandingan babak pertama di St.Jakobshalle, Basel, Rabu malam (Kamis dinihari WIB), pasangan Bona/Ahsan yang pekan lalu tersingkir di perempatfinal All England, menyerah pada pasangan China Guo Zhendonng/Xu Chen 14-21, 14-21.

Sedangkan pasangan Rian/Yonatan kembali mengulang kegagalan pekan lalu di Birmingham, dengan tersingkir pada pertandingan pertama. Kali ini pasangan tersebut disingkirkan ganda Jepang non unggulan Kenichi Hayakawa/Kenta Kazuno dua game langsung 18-21, 18-21.

Sementara pasangan putri Greysia Polii/Nitya Krishinda maju ke putaran kedua dengan mengalahkan ganda tuan rumah Swiss Monika Fischer/Marion Gruber 21-13, 21-10, menyusul keberhasilan ganda putri lainnya Shendy Puspa/Meiliana Jauhari yang sudah lolos lebih dulu.

Jika PB PBSI benar-benar akan menjalankan rencananya tidak akan mengirim pemain ambil bagian dalam turnamen selama 1,5 bulan untuk total berlatih bagi mereka yang tidak mencapai target pada dua turnamen, berarti akan banyak pemain yang harus menjalaninya menyusul hasil dua turnamen, All England dan Swiss Terbuka yang tidak memenuhi target.

Sebelum pemain berangkat ke All England, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI Lius Pongoh mengatakan sanksi retraining (berlatih kembali) selama 1,5 bulan bagi pemain yang gagal mencapai target dalam dua turnamen berturut-turut akan mulai diberlakukan pada All England dan Swiss.

Target bagi pemain yang berangkat ke dua turnamen Eropa itu adalah minimal perempatfinal.

"Jadi kalau pemain kena retraining berarti mereka tidak bisa ikut Kejuaraan Asia (7-12 April)," ujar Lius saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Rabu (11/3).

Sementara itu, pemain-pemain non pelatnas meraih kemenangan pertama mereka dengan Taufik Hidayat dan dua ganda putra melangkah ke babak berikutnya.

Unggulan ketujuh Taufik Hidayat, yang mencapai semifinal All England pekan lalu, maju ke babak 16 besar setelah mengatasi pemain Finlandia Ville Lang 21-18, 21-10, untuk bertemu pemain China Gong Weijie.

Adapun pasangan Alvent Yulianto/Hendra AG memperbaiki hasil pekan lalu saat mereka tidak lolos babak kualifikasi All England, dengan membukukan kemenangan awal di Swiss 21-12, 21-14 atas pasangan Jerman Peter Kasbauer/Roman Spitko.

Mereka selanjutnya bertemu unggulan kelima sekaligus juara Jerman Terbuka Lee Yong Dae/Shin Baek Cheol dalam perebutan tempat di delapan besar.

Pasangan Candra Wijaya/Joko Riyadi yang pekan lalu juga terhenti pada babak pertama, kali ini berhasil melangkah ke babak kedua dengan kemenangan 21-10, 21-16 atas Adam Cwalina/Wojciech Szkudlarczyk dari Polandia.

Selanjutnya mereka akan menghadapi unggulan kedua dari Malaysia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong yang menyisihkan rekan senegara mereka Gan Teik Chai/Tan Bin Shen untuk maju ke babak kedua dengan kemenangan 21-18,21-15.

Pertandingan babak 16 besar akan digelar Kamis, mulai pukul 12.00 waktu setempat (sekitar pukul 18.00 WIB).(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009