Jakarta (ANTARA News) - Telkomsel dan Ericsson menandatangani sebuah kerangka perjanjian untuk tiga tahun dalam penggelaran jaringan radio akses 2G dan 3G. Kontrak ini merupakan kelanjutan kerjasama kemitraan antara Telkomsel dan Ericsson yang sudah lama terjalin.

Siaran pers Ericsson di Jakarta, Kamis, menyebutkan, Ericsson akan mendukung Telkomsel dalam meningkatkan jangkauan dan kapasitas jaringan untuk mengakomodasi pertumbuhan pasar selular di Indonesia.

Dengan populasi sekitar 240 juta penduduk, Indonesia masih memiliki potensi untuk terus berkembang. Pertumbuhan permintaan akan komunikasi suara juga diikuti oleh
permintaan akan komunikasi data.

CEO Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, kerjasama ini merupakan upaya Telkomsel untuk menjaga posisinya sebagai service leader di tengah pasar yang sangat kompetitif. "Kami sangat menyadari pentingnya kualitas layanan, dimana era kompetisi bukanlah lagi pada harga murah atau call for price tetapi call for quality," katanya.  

Tahun ini Telkomsel bekerjasama dengan berbagai vendor jaringan menggelar 4.000 BTS baru dengan nilai investasi 1,5 miliar dolar AS, sebagai upaya menghadirkan kenyamanan berkomunikasi menyonsong era baru layanan selular berbasis mutu pelayanan yang dicanangkan oleh pemerintah.

Presiden Direktur Ericsson Indonesia Bengt Thornberg mengatakan, Ericsson akan terus mendukung Telkomsel untuk menyediakan layanan yang terbaik, berupa suara maupun data, melalui solusi 2G and 3G.

Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, Ericsson juga telah terpilih sebagai pemasok combined Circuit Core Network (untuk 2G dan 3G) bagi Telkomsel, melalui teknologi Mobile Softswitch. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009