Dubes RI raih penghargaan diplomasi dari Kanada

Dubes RI raih penghargaan diplomasi dari Kanada

Duta Besar RI untuk Kanada Abdul Kadir Jailani (tengah) mewakili kawasan Asia Tenggara mendapatkan penghargaan Ambassador of the Year dan penghargaan Diplomasi Publik 2020 dari pemerintah Kanada di Ottawa pada 11 Maret 2020.  (KBRI Ottawa)

Penghargaan Ambassador of the Year ini bukan untuk saya pribadi, tapi ini adalah pengakuan untuk kerja keras seluruh staf dan pimpinan perwakilan RI di Kanada, termasuk KBRI Ottawa, KJRI Toronto dan KJRI Vancouver
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Kanada Abdul Kadir Jailani mewakili kawasan Asia Tenggara mendapatkan penghargaan Ambassador of the Year dan penghargaan Diplomasi Publik 2020 dari pemerintah Kanada pada 11 Maret 2020.

Anugerah penghargaan tersebut diselenggarakan oleh Dekan Korps Diplomatik Kanada dan Dewan Diplomasi Publik Internasional bekerja sama dengan Universitas Ottawa, menurut keterangan tertulis KBRI Ottawa yang diterima di Jakarta, Kamis.

Konselor Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Ottawa, Iwan Nur Hidayat, mengatakan pemberian penghargaan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mendorong penyelenggaraan diplomasi publik para kepala perwakilan asing di Kanada.

Penghargaan untuk Indonesia pada tahun ini adalah untuk pertama kalinya diberikan sejak perhelatan apresiasi diplomatik itu dilangsungkan sejak tiga tahun lalu.

Dalam acara yang berlangsung di Fauteux Hall gedung Fakultas Hukum Universitas Ottawa, penghargaan itu disampaikan oleh Dekan Korps Diplomatik Kanada Dubes Solomon Azoh-Mbi dari Kamerun.

Baca juga: Mantan dubes dorong diplomat muda RI perhatikan seminar pemuda ASEAN
Baca juga: Dubes RI serahkan Primaduta Award kepada perusahaan Swiss


Penentuan penghargaan diberikan berdasarkan sejumlah kriteria, termasuk inovasi citra negara, kegiatan dan promosi kebudayaan, publikasi dan media sosial, pembinaan terhadap warga negara dan interaksi kedubes dengan masyarakat madani.

"Penghargaan Ambassador of the Year ini bukan untuk saya pribadi, tapi ini adalah pengakuan untuk kerja keras seluruh staf dan pimpinan perwakilan RI di Kanada, termasuk KBRI Ottawa, KJRI Toronto dan KJRI Vancouver," ujar Dubes Abdul Kadir Jailani.

Dalam acara pemberian penghargaan itu, Dubes Jailani menyampaikan sejumlah program kerja diplomasi publik Indonesia ke masyarakat Kanada, termasuk mengenai kegiatan promosi seni budaya, kerja sama pendidikan dan diplomasi ekonomi.

Dubes Abdul Kadir Jailani adalah diplomat karir yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Perjanjian Ekonomi dan Sosial Budaya Kemlu dengan riwayat penugasan di New York, Jenewa dan Den Haag.

Sebelumnya, pada awal 2020, pria kelahiran Surabaya itu juga mendapatkan penghargaan Social Media Awards 2020 untuk kategori Digital Head of Missions dari Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Pemanfaatan teknologi digital, menurut Dubes Jailani, adalah keniscayaan untuk menjawab tantangan diplomasi Indonesia saat ini yang semakin berat seiring dengan kerumitan isu yang menuntut sinergi dan kerja sama seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga: Dubes RI di Rusia dapat penghargaan MURI
Baca juga: Dubes RI di Jenewa terima Tanda Bintang Jasa Presiden Palestina

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar