Semua anggota tim tentunya sudah dibekali dengan pengetahuan dan tata cara prosedur penanganan
Palembang (ANTARA) - Rumah Sakit Pertamina Plaju, Palembang, Sumatera Selatan melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) lewat sosialisasi kepada pengunjung rumah sakit tersebut, Kamis.

"Sosialisasi ini menitikberatkan pada pencegahan dan upaya untuk edukasi pada masyarakat," ujar Direktur RS Pertamina Plaju Dedy Waskita di Palembang, Kamis.

Bentuk sosialisasi yang dilakukan di ruang tunggu dan diikuti puluhan pengunjung rumah sakit tersebut, antara lain dengan mencontohkan tata cara mencuci tangan yang benar sebagaimana dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penggunaan "hand sanitizer", dan etika cara batuk dan bersin di tempat umum.

Ia berharap, melalui sosialisasi itu masyarakat tidak panik dan membekali diri dengan pengetahuan yang benar, serta  menjaga fisik tetap prima, mengingat penyebaran virus tersebut cukup cepat.

RS Pertamina Plaju juga menyiapkan diri untuk melakukan pertolongan pada pasien terduga virus itu, salah satunya dengan membentuk tim yang akan melakukan deteksi dini pasien yang dicurigai terpapar corona.

"Semua anggota tim tentunya sudah dibekali dengan pengetahuan dan tata cara prosedur penanganan," kata dia.

Pihak rumah sakit juga menyediakan ruang isolasi sementara, sebelum pasien dinyatakan akan dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditunjuk untuk menangani terduga COVID-19.

Baca juga: Akademisi: Penting sosialisasi cegah COVID-19 di lingkungan pendidikan
Baca juga: Pemprov Babel gencarkan sosialisasi COVID-19 ke warga desa
Baca juga: Pelni sosialisasi pencegahan penyebaran Virus Corona di kapal

 

Pewarta: Feny Selly
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020