Jerusalem (ANTARA News/AFP) - Dua serangan roket dari Jalur Gaza yang dikuasai Hamas menghantam ladang terbuka di Israel selatan semalam tanpa menimbulkan korban atau kerusakan, kata pihak militer Israel di sini Sabtu.

"Dua roket jenis Qassam ditembakkan dari Jalur Gaza utara dan mendarat di Negev barat," kata seorang wanita juru bicara militer, merujuk roket rakitan sendiri yang sering digunakan kelompok bersenjata Palestina.

Gerilyawan Gaza telah menembakkan lebih dari 160 roket dan mortir ke Israel sejak berakhirnya serangan besar-besaran negara Yahudi yang dilakukan untuk menghentikan serangan roket Palestina itu.

Israel beberapa kali melancarkan serangan udara terhadap orang-orang yang diduga gerilyawan, tempat-tempat persembunyian senjata dan terowongan-terowongan penyelundupan di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir.

Kamis lalu, Hamas menyatakan bertahan untuk tidak melakukan serangan roket dan berikrar untuk menindak kegiatan demikian karena menilai tindakan itu hanya merusak suasana.

Mesir telah berjuang sejak perang berakhir Januari lalu untuk menengahi gencatan senjata terakhir antara Israel dan Hamas dan pertukaran tawanan prajurit Israel yang diculik gerilyawan Gaza, Gilad Shalit, pada perang lintas perbatasan Juni 2006.

Gerakan Hamas telah menguasai Gaza sejak Juni 2007, ketika mereka berhasil menyingkirkan pasukan yang setia kepada Presiden Mahmud Abbas yang didukung Barat. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009