Jakarta (ANTARA News) - Persaingan dua pebulutangkis peringkat teratas, Lee Chong Wei dari Malaysia dan pemian China Lin Dan berlanjut ketika keduanya membukukan tempat di final Swiss Terbuka Super Series.

Pada semifinal turnamen berhadiah 200.000 dolar AS itu di St. Jakobshalle, Basel, Sabtu malam (Minggu dinihari WIB), peringkat satu dunia Chong Wei maju ke final setelah dipaksa bermain tiga game oleh pemain Denmark Jan o Jorgensen 21-12, 20-22, 21-9.

Chong semula akan menyelesaikan pertandingan dalam dua game setelah memimpin 21-12, 20-18, namun Jorgensen mencetak empat angka beruntun untuk merebut game kedua 22-20 dan memaksakan digelar game ketiga.

Sayang, Jorgensen yang tidak diunggulkan tidak mampu mengimbangi permainan Chong dengan menyerah 9-21.

Kemenangan ini membawa Chong Wei maju ke final untuk bertemu rival terkuatnya Lin Dan yang sudah lebih dulu maju ke babak perebutan gelar dengan menyisihkan rekan senegaranya Chen Jin 21-13, 21-14.

Pertemuan di final Swiss itu adalah pertemuan puncak keempat kali berturut-turut sejak keduanya berjumpa di final Olimpiade Beijing yang seluruhnya dimenangi pemain China peringkat dua dunia itu.

Usai Olimpiade, kedua pemain bertemu di final China Terbuka Super Series kemudian di All England pekan lalu dengan Lin keluar sebagai juara, dan memperpanjang rekor kemenangannya atas Chong Wei menjadi 11-3.

Sementara itu, final tunggal putriakan mempertemukan dua pemain China Wang Yihan dan Jiang Yanjiao. Juara Al England Wan Yihan maju ke final setelah menumbangkan sesama China, unggulan ketiga Lu Lan 22-20, 19-21, 21-16, sedang Jiang menyisihkan pemain Prancis Pi Hongyan 13-21, 21-18, 21-16.

China juga meloloskan finalis di nomor ganda putri dan ganda campuran.

Pada ganda putri, unggulan keempat Du Jing/Yu Yang bertemu unggulan ketiga dari Korea Lee Kyung Won/Lee Hyo Jung, sedang pada ganda campuran pasangan Zheng Bo/Ma Jin menantang unggulan kedua sekaligus juara Olimpiade Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung.

Final ganda putra adalah satu-satunya perebutan gelar tanpa pemain China, saat unggulan kedua asal Malaysia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong bertemu unggulan ketiga dari Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Pelatnas Cipayung yang mengirimkan masing-masing dua wakil pada setiap nomor kecuali tunggal putra, tidak menyisakan wakil di semifinal. Dua ganda tersisa di perempatfinal, unggulan pertama ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir dan ganda putri Shendy Puspa/Meiliana Jauhari seluruhnya tersingkir. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009