London (ANTARA News) - Pengajuan resmi Inggris untuk menjadi tuan rumah babak final Piala Dunia 2018 atau 2022 disampaikan ke badan sepak bola dunia FIFA, Senin.

David Triesman, ketua FA dan komite penawaran, mengatakan dalam satu pernyataan, "Hari ini menandai langkah maju lainnya dari perjalanan kami untuk membawa Piala Dunia ke Inggris dan tim kami fokus untuk mengajukan penawaran terbaik yang mungkin ke FIFA."

"Dengan mendeklarasikan ketertarikan kami untuk kedua turnamen 2018 dan 2022 kami memaksimalkan peluang kami untuk memenangi hak untuk menjadi tuan rumah peristiwa olahraga terbesar di dunia tersebut."

Menyusul batas akhir pada 2 Februari, FIFA mengatakan telah menerima pernyataan ketertarikan secara resmi dari Australia, Inggris, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Qatar, Rusia dan Amerika Serikat termasuk pengajuan bersama dari Belgia dan Belanda serta Spanyol dan Portugal.

FIFA belum memfinalisasi proses penawaran yang tepat yang akan melibatkan kontes secara simultan bagi dua babak final Piala Dunia untuk pertamakalinya.

Keputusan untuk kedua turnamen akan dibuat pada Desember 2010.

Inggris terakhir kali menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 1966 ketika timnya juga menjadi juara untuk sekali-kalinya.

Afrika Selatan akan menjadi penyelenggara Piala Dunia 2010 dan Brazil akan menjadi tuan rumah babak final empat tahun kemudian. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009