Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tunggal putri Marleve Mainaky memastikan salah satu pemain asuhannya, Pia Zebadiah, telah beralih ke nomor ganda dan akan berkonsentrasi pada nomor ganda campuran meskipun ada kemungkinan bermain rangkap dengan ganda putri.

"Pia sudah pasti pindah ke ganda, mungkin akan main pada ganda campuran dan ganda putri," kata Marleve di Jakarta, Sabtu.

Menurut Marleve, beralihnya adik kandung pemain ganda putra, Markis Kido dan Bona Septano yang sempat menyatakan mundur dari Pelatnas Cipayung itu ke nomor ganda adalah demi karir jangka panjangnya.

"Kami sudah berunding, demi prospek yang lebih tinggi lebih baik dia bermain di ganda putri dan ganda campuran. Untuk tunggal putri secara keseluruhan sudah berat," jelas mantan pemain tunggal putra pelatnas itu.

Hilangnya Pia dari sektor tunggal putri menyisakan hanya Maria Kristin dan Adriyanti Firdasari yang berpengalaman dalam kejuaraan beregu seperti Piala Uber dan Sudirman, sehingga menurut Marleve kemungkinan dua pemain tersebut yang akan masuk tim Indonesia pada Piala Sudirman Mei mendatang.

"Untuk Sudirman hanya diperlukan satu orang, jadi paling Maria sama cadangannya Firda," katanya.

Sementara itu, pelatih ganda putri Aryono Miranat menegaskan bahwa Pia akan dimatangkan dulu pada ganda campuran.

Meski demikian, tambah Aryono, jika pada ganda campuran sudah berjalan dengan baik, kemungkinan Pia akan dijajal bermain pada ganda putri juga, berpasangan dengan pemain putri ganda campuran lainnya.

"Ganda putri sudah penuh, mau dipasangkan dengan siapa lagi, tetapi nanti mungkin bisa dicoba dengan pemain ganda campuran lainnya, bisa dengan Debby (Susanto) atau dengan pemain baru lainnya,"ujar Aryono.

Pada ganda campuran, Pia akan mengawali langkahnya dengan berpasangan dengan Fran Kurniawan. Mereka akan dicoba pada turnamen Vietnam International Challenge di Hanoi, Vietnam, pada 21-26 April. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009