Bandung (ANTARA News) - Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung mengakibatkan banjir  di beberapa ruas jalan raya di Kota Kembang itu, Minggu.

Hujan deras turun sekitar pukul 14.00 WIB disertai angin dan petir dengan intensitas tingkat sambar ekstra tinggi.

Banjir terjadi di Jalan  RE Martadinata, Jl Buah Batu, Jl Supratman serta, Jl Setiabudi. Jl Junjunan, Jl Soekarno Hatta dan  di beberapa jalan protokol lainnya di kota itu, mengakibatkan arus lalu lintas tersendat karena harus mengurangi laju kendaraanya akibat genangan air.

Penyebab banjir diduga karena saluran air atau gorong-gorong di jalan raya itu kurang optimal menampung air akibat hujan.

Hujan deras turun merata di kawasan cekungan Bandung dalam dua hari terakhir ini.

Sementara itu kawasan Bandung dan sekitarnya saat ini telah memasuki masa peralihan musim dari penghujan ke kemarau atau musim pancaroba.

"Curah hujan di Bandung cenderung menurun pada musim pancaroba ini, intensitasnya rata-rata hujan ringan. Bandung dan sebagian besar Jabar sudah masuk peralihan musim," kata Kepala BMG Jaya Murjaya.

Terkait sambaran petir yang intensitasnya tinggi, kata Jaya tak ada kaitannya dengan pancaroba.

"Intensitas sambaran petir normal, terbentuk oleh bentukan awan cumulus nimbus. Jadi tak benar musim pancaroba gledeknya besar-besar, yang terjadi saat ini normal," kata Jaya.

Ia menyebutkan potensi hujan masih akan turun hingga akhir April 2009 mendatang.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009