Jakarta, (ANTARA News) - Status ketinggian Pintu Air Manggarai di Jakarta Selatan, Rabu pagi, menurun dari tahap Siaga II menjadi Siaga III, meski demikian ketinggian air tersebut masih melampaui ambang batas normal.

"Ketinggian air di Manggarai sekarang 830 cm," kata penjaga Pintu Air Manggarai, Agus, di Jakarta, Rabu.

830 cm adalah ketinggian air pada sekitar pukul 10.00 WIB. Sebelumnya, ketinggian air sempat memasuki tahap Siaga II dengan ketinggian 870 cm pada sekitar pukul 08.00 WIB.

Sedangkan ambang batas normal dari ketinggian air di Pintu Air Manggarai adalah 750 cm.

Penetapan tahap siaga di Pintu Air Manggarai antara lain ditentukan tingkat ketinggian air, yaitu Siaga IV (kurang dari 750 cm), Siaga III (750 cm - 850 cm), Siaga II (850 cm - 950 cm), dan Siaga I (lebih dari 950 cm).

Sementara itu, ketinggian air pada sekitar pukul 10.00 WIB di Pintu Air Depok adalah 160 cm (batas normal 200 cm) dan di Pintu Air Katulampa Bogor mencapai 90 cm (batas normal 80 cm).

Sedangkan pada sekitar pukul 08.00 WIB, ketinggian di kedua pintu air tersebut adalah 145 cm di Depok dan 60 cm di Katulampa Bogor.

Agus memaparkan, kondisi cuaca saat ini di Manggarai adalah hujan, sedangkan baik di Depok maupun Bogor adalah bergerimis.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat bahwa hujan dengan beragam intensitas kemungkinan besar dapat terjadi sepanjang hari Rabu di Jakarta.

Menurut informasi dari BMKG, wilayah ibukota diperkirakan akan diterpa hujan berintensitas sedang hingga ringan pada siang hari. Sedangkan pada malam harinya, berbagai wilayah kotamadya di Jakarta juga akan diterpa hujan berintensitas ringan.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009