Cara manfaatkan waktu ketika sedang mengisolasi diri akibat corona

Cara manfaatkan waktu ketika sedang mengisolasi diri akibat corona

Ilustrasi - Seorang pekerja sedang bekerja dari rumah. ANTARA/Shutterstock/am.

Jakarta (ANTARA) - Dalam mengatasi wabah virus corona, banyak orang yang mulai berkegiatan di rumah, bahkan ada harus mengisolasi diri (self quarantine). Meski banyak batasan yang dihadapi, kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan berbagai hal yang sering tertunda.

Berikut tips untuk memaksimalkan waktu luang selama bekerja di rumah atau tengah mengisolasi diri, seperti dilansir dari Forbes.

Baca juga: Tom Hanks dan Rita Wilson isolasi diri di rumah sewaan

1. Hubungi orang-orang terdekat
Luangkan waktu anda dan hubungi orang-orang terdekat anda, gunakan kesempatan ini untuk mengobrol lebih panjang. Anda dapat menggunakan saluran telepon atau telepon video.

2. Pelajari hal baru
Jika sejak lama Anda ingin mempelajari keterampilan baru namun belum sempat untuk mempelajarinya secara serius, gunakanlah waktu ini untuk mempelajari apapun yang anda inginkan. Cara mempelajarinya pun bisa dilakukan di rumah, karena saat ini banyak kursus yang disediakan secara daring.

3. Kerjakan proyek seni dan kerajinan tangan
Kerjakan apapun bentuk karya seni yang anda suka lakukan, mulai dari membuat scrapbook, menyusun album foto, merapikan laci kaus kaki, atau melukis di furnitur rumah.

4. Dengarkan podcast atau buku audio
Saat ini tersedia miliaran podcast dan buku audio yang bisa kita dengarkan, masing-masing mengandung berbagai informasi menarik, seperti karir, kesehatan, bisnis, dan hubungan. Anda dapat mendengarkannya sesuai topik yang menarik hati anda.

Baca juga: Solusi pengganti jabat tangan saat virus corona

5. Mulai menulis
Jika anda memiliki hobi menulis, bisa jadi puisi, cerita pendek, novel maupun jurnal ilmiah, waktu ini bisa digunakan untuk memulai atau melanjutkan proyek tulisan tersebut. Anda telah dihadiahkan waktu lowong, gunakanlah untuk mulai menulis lagi.

6. Buat blog
Tulis dan dokumentasikan kegiatan dan keadaan anda selama menghadapi situasi krisis ini, anda dapat menerbitkannya di media sosial ataupun platform lainnya.

7. Coba resep baru ketika memasak
Jika anda suka memasak, sekarang anda memiliki waktu untuk mencoba berbagai resep baru. Dengan ini anda dapat menambah keterampilan, sekaligus berhemat dengan memasak sendiri.

8. Baca buku
Ada sangat banyak buku untuk dibaca, mulai dari novel, buku sejarah, biografi, maupun buku self-help, anda dapat membaca buku yang sudah anda miliki maupun mencari buku baru dari internet. Saat ini banyak buku digital yang tersedia di internet.

9. Bersihkan rumah anda
Walau anda merasa telah membersihkan rumah setiap hari, mungkin sudah waktunya anda membersihkan rumah secara lebih mendalam. Anda bisa menyeleksi barang-barang yang sudah tidak anda gunakan, membersihkan gudang, membersihkan isi kulkas, maupun mengerjakan laporan pajak anda.


Baca juga: Kiat agar tidak bosan saat berdiam diri di rumah

Baca juga: Buah hingga cokelat, makanan sehat selama isolasi diri COVID-19

Baca juga: Raksasa teknologi komitmen perangi penipuan dan misinformasi COVID-19

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri & Dara Tanjung Maharani
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

COVID-19 terbaru: 3.293 positif, 252 sembuh, 280 kematian

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar