Jakarta (ANTARA News) - Pebulutangkis tunggal putri nomor satu Indonesia, Maria Kristin, gagal mempertahankan keunggulannya pada game pertama sehingga kalah dari pemain Singapura, Zhang Beiwen, di babak pertama Grand Prix Gold India Terbuka.

Dalam pertandingan yang digelar di Gouch Bouli Indoor Stadium, Hyderabad, Rabu petang, Maria yang menjadi unggulan keempat kalah 21-18, 11-21, 19-21 dari pemain bukan unggulan tersebut.

"Maria masih ada kendala di lututnya terutama kalau menghadapi bola belakang kiri lalu harus maju ke depan," ujar Ketua Bidang Pebinaan Prestasi Lius Pongoh yang dihubungi usai pertandingan.

"Semangatnya juga kurang kelihatan, padahal lawannya tidak istimewa," tambah Lius yang mendampingi para pemain tampil di India.

India Terbuka merupakan turnamen pertama Maria tahun ini, menyusul cedera lutut kanan yang membuatnya absen di Malaysia dan Korea Super Series serta membatalkannya tampil pada dua turnamen Eropa, All England dan Swiss Terbuka awal bulan ini.

India juga merupakan satu-satunya turnamen yang diikuti peraih medali perunggu Olimpiade Beijing itu sebagai persiapan menghadapi kejuaraan dunia beregu campuran, Piala Sudirman Mei mendatang.

Sementara itu, dua ganda campuran pelatnas, Tantowi Ahmad/Richi Puspita Dili dan Muhammad Rijal/Debby Susanto berhasil maju ke babak kedua setelah mengalahkan lawan-lawan mereka.

Tantowi/Richi menang atas ganda Malaysia Mohd Lutfi Zaim Abdul Khalid/Lim Yin Loo 21-16, 12-21, 24-22, sedangkan Rijal yang berpasangan dengan Debby setelah pasangannya terdahulu, Vita Marissa keluar dari pelatnas, menyisihkan pasangan tuan rumah Alwin Francis/Jyotshna Polavarapu 21-11, 21-16.

Sedangkan dua dari tiga pasangan non pelatnas tumbang ketika duet Hendra AG/Endang Nursugianti dan Alvent Yulianto/Jo Novita mengalami kekalahan.

Hendra/Endang kalah di tangan pasangan Malaysia Mak Hee Chun/Nairul Suhaida Abdul Latif 13-21, 10-21, sedang Alvent/Jo menyerah dua game langsung pada ganda China Shen Ye/Ma Jin 11-21, 18-21.

Adapun unggulan ketiga Flandy Limpele/Vita Marissa maju untuk bertemu pasangan China tersebut pada babak selanjutnya setelah mendapat bye pada babak pertama.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009