Kemenhub bersama seluruh operator transportasi telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana bertransportasi yang sehat untuk mencegah penularan terjadi di transportasi publik, ...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan memastikan kebersihan dan layanan transportasi publik tetap terjaga di tengah wabah COVID-19.

“Sesuai arahan Bapak Presiden bahwa transportasi publik harus tetap berjalan untuk melayani masyarakat, kami telah berkoordinasi dengan seluruh operator transportasi untuk memastikan layanan tetap berjalan serta kebersihannya tetap terjaga,” kata Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Adita menambahkan, Kemenhub bersama seluruh operator transportasi telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana bertransportasi yang sehat untuk mencegah penularan terjadi di transportasi publik, melalui berbagai saluran media, seperti media sosial, media massa maupun secara langsung kepada para penumpang.

“Sekali lagi kami mengimbau  masyarakat yang masih menggunakan transportasi publik agar juga tetap  menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan, serta menghindari perjalanan dengan transportasi publik bagi yang merasa sakit untuk mencegah penularan,” katanya.

Baca juga: Luhut tekankan agar jajaran Kemenhub waspadai Corona

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi selaku Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan memberikan lima arahan kepada Jajaran Kementerian Perhubungan m.

Kelima arahan Menhub Ad Interim yaitu jajaran Kemenhub segera mendata individu di lingkungan Kemenhub yang berpotensi terinfeksi COVID-19 untuk mendapatkan prioritas pemeriksaan kesehatan.

Kedua, sterilisasi ruangan kerja di Kemenhub agar segera dimulai selama dua hari kedepan.

Untuk sementara tidak ada perjalanan dinas pejabat dan pegawai Kemenhub ke luar negeri

Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Perkeretaapian diminta mengutamakan kebersihan semua moda transportasi publik antara lain dengan penyemprotan disinfektan tiga kali sehari.

Baca juga: Plt Menhub: Tak ada pengurangan transportasi, kalau perlu ditambah

Hal serupa agar dilaksanakan di daerah-daerah . Diharuskan ada sosialisasi publik/pengumuman di titik-titik utama transportasi publik tentang gejala (symptom) corona dan imbauan untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan, serta himbauan untuk menghindari perjalanan bagi yang merasa sakit.

Jajaran Kemenhub diminta untuk memastikan arus transportasi logistik tetap lancar, utamanya ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat tetap terjamin.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020