Gatwick (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani tiba di Inggris untuk menghadiri pertemuan G20.

Rombongan Presiden tiba di Bandar Udara Gatwick, London, Senin malam, sekitar pukul 23.10 waktu setempat setelah menempuh perjalanan 18 jam.

Setibanya di Bandara Gatwick yang berjarak 1,5 kilometer dari Kota London, Presiden Yudhoyono langsung menuju Hotel JW Marriott tempat ia menginap selama tiga hari kunjungan kerja di Inggris.

Turut dalam rombongan beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu yaitu Menko Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar dan anggota DPR RI Theo L Sambuaga, Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) M Lutfi, serta Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) MS Hidayat.

Sedangkan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda dan Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani bergabung dengan rombongan di London.

Selama kunjungan tiga hari di Inggris, Presiden Yudhoyono dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara/pemerintahan anggota G20.

Pada Selasa, 31 Maret 2009 Presiden Yudhoyono dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown, Ketua Partai Konservatif Inggris David Cameron dan PM Australia Kevin Rudd.Pada 31 Maret 2009,

Presiden juga dijadwalkan memberikan ceramah bertema "Indonesia: Regional, Role, Global Reach" di London School of Economics and Political Science serta beramah tamah dengan masyarakat Indonesia di Inggris di Wisma Duta, Kedutaan Besar Republik Indonesia di London.

Pada Rabu 1 April 2009, Presiden Yudhoyono dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan PM Thailand Abhisit Vejjajiva, Duke of York Pangeran Andrew, PM Jepang Taro Aso, dan Pangeran Charles.

Pada 1 April 2009, Presiden Yudhoyono bersama dengan kepala negara/pemerintahan kelompok G20 juga dijadwalkan menghadiri resepsi bersama dengan Ratu Elizabeth II dan jamuan makan malam bersama dengan PM Inggris di Downing Street 10, London.

Pada 2 April 2009, Presiden Yudhoyono menghadiri pertemuan G20 di Exhibition Center London (EXcel).

Setelah menyampaikan pidato, Presiden Yudhoyono langsung berangkat ke bandara Gatwick untuk pulang menuju tanah air.

Pada Jumat, 3 April 2009 sekitar pukul 11.00 WIB, Presiden dan rombongan direncanakan tiba di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, untuk mengikuti kampanye terbuka sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009