Beograd (ANTARA News/Xinhua/OANA) - Kroasia menyatakan Sekretaris Jenderal NATO Jaap de Hoop Scheffer secara resmi telah mengundang negara Balkan Barat tersebut untuk bergabung dengan pakta pertahanan itu.

De Hoop Scheffer menyampaikan undangan tersebut dalam suratnya kepada Menteri Integrasi Eropa dan Menteri Urusan Luar Negeri Kroasia Gordan Jandrokovic pada Senin, kata Departemen Luar Negeri Kroasia dalam satu pernyataan, Selasa.

"Langkah selanjutnya adalah deposisi dokumen mengenai pengesahan Kroasia tentang Kesepakatan Atlantik Utara ke Departemen Luar Negeri AS. Kroasia akan menjadi angota NATO dan menghadiri dalam kapasitas ini pertemuan puncak aliansi tersebut di Strasbourg dan Kehl pada akhir pekan," demikian antara lain isi pernyataan itu.

Kroasia dan Albania direncanakan mengajukan dokumen pengesahan kesepakatan mereka pada Rabu. Kedua negara tersebut diundang untuk bergabung dengan NATO pada pertemuan puncak perhimpunan Barat itu di Bukares akhir April.

Menurut media Kroasia, de Hoop Scheffer mengucapkan selamat kepada Jandrokovic sehubungan dengan akan masuknya Kroasia ke dalam NATO di sisi konferensi internasional mengenai Afghanistan di Den Haag, Selasa.

Jandrokovic menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekretaris Jenderal NATO itu atas bantuan dan sumbangan pribadinya dalam mempersiapkan Kroasia bergabung dengan NATO, dan menegaskan Kroasia terikat komitmen pada nilai-nilai aliansi tersebut dan kegiatan dalam memelihara perdamaian dunia.

Perdana Menteri Kroasia Ivo Sanader, Selasa, mengatakan Kroasia akan bergabung dengan NATO dalam waktu tiga hari.

Sanader mengatakan pada acara ekonomi internasional di kota Mostar, Bosnia selatan, keanggotaan NATO dan Uni Eropa merupakan keamanan terbesar bagi penanam modal. (*)

Pewarta:
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2009