Washington (ANTARA News/PNA/Xinhua-OANA) - Amerika Serikat (AS) masih berusaha dengan Swedia, yang mewakili kepentingan Amerika di Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara), dalam rangka membebaskan dua wartawan AS yang ditahan Pyongyang, kata Departemen Luar Negeri AS Selasa.

"Pemerintah AS selalu mencemaskan keselamatan warganya. Ini adalah salah satu dari prioritas tertinggi kami. Dan melalui saluran Swedia kami telah bekerja. Mereka memberikan perlindungan diplomatik kepada kami," kata wakil juru bicara Departemen Luar Negeri, Gordon Duguid kepada para wartawan.

"Kami akan terus meminta kepada mereka untuk mendapatkan akses konsuler terhadap dua warga kami yang masih dalam tahanan," katanya.

Seorang diplomat Swedia, yang bertindak atas nama AS, mengunjungi kedua wartawati yang ditahan Korea Utara pada akhir pekan lalu. Namun tidak dijelaskan di mana para tahanan Amerika tersebut, serta rincian mengenai keadaan mereka.

Korut mengatakan pihaknya menangkap dan menahan dua warga Amerika itu pada 17 Maret, pada saat mereka `memasuki wilayah negara Korea Utara secara ilegal dengan menyeberangi perbatasan Korea Utara-China.

Pyongyang `telah meyakinkan kepada kami bahwa para tahanan itu akan diperlakukan dengan baik,` kata wakil juru bicara departemen luar negeri, Robert Wood, pekan lalu.

(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009