Batam (ANTARA News) - Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta, Sabtu, menyatakan dana stimulus fiskal bernilai Rp73,3 triliun akan cair April 2009.

Paskah menyatakan dana ini akan dibagikan ke hampir seluruh daerah Indonesia, kecuali Batam, karena pemerintah telah memberikan rangsangan berupa penerapan Kawasan Perdagangan Bebas.

Paskah mengakui besaran dana stimulus yang diterima daerah tidak terlalu besar dan untuk itu Bappenas sedang menyiapkan pembiayaan dalam program kemitraan dengan swasta atau public private partnership (PPP).

Pemerintah pusat melalui Bappenas, lanjutnya, akan menjadi fasilitator pembiayaan dengan total dana tersalur Rp400 triliun.

"Sumber dana PPP berasal dari berbagai investor, baik asing maupun nasional," kata dia sambil berharap stimulus fiskal ini memecahkan masalah kesejahteraan masyarakat dan membantu penyerapan tenaga kerja.

"Kita bisa menyerap hingga satu juta lapangan kerja yang bisa tercipta dari total dana stimulus yang dialokasikan," kata dia. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009