Jakarta (ANTARA News) - Ke-24 jenazah korban pesawat Fokker 27 TS TNI Angkatan Udara (AU) yang terbakar di Bandara Hussein Sastranegara, Bandung (6/4), dilepas ke daerahnya masing-masing untuk dikebumikan di pemakaman setempat, Selasa.

Puluhan jenazah penumpang Fokker 27 dengan tile number A-2703 itu, dilepas ke pemakaman dalam upacara militer yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Subandrio, di hanggar Skuadron Udara 17 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Seluruh korban tewas itu terdiri dari enam awak pesawat, yakni Kapten (Pnb) I Gede Tirta (Pilot), Lettu (Pnb) Yudho Pramono (Co Pilot), Letda (Tek) Rahmat Suryono (teknisi), Letda (Tek) Dadang Setiono (Teknisi), Serda Bakhtiar (JMU), Serda Maskarebet (JMU).

Dari enam awak pesawat itu, lima jenazah di antaranya dimakamkan di TMP Kalibata, sedangkan Kapten (pnb) I Gede Tirta Sentosa diterbangkan ke Bali untuk dimakamkan di kampung halamannya Karangasem.

Sementara itu, ke-18 siswa Para Lanjut Tempur Paskhas TNI AU, disemayamkan terlebih dulu di hanggar Lanud Hussein Sastranegara, sebelum dibawa ke pemakaman daerahnya masing-masing.

Ke-18 siswa yang tewas adalah , Lettu (Psk) Basonai, Lettu (Psk) Wahyu Nanik Sardi, Lettu (Psk) Dhani Ariadi, Letda (Psk) Richie Desipratika, Serda Erwan Susanto, Pratu Ari Purwanto, Pratu Abdul Kadir, Pratu Didik Kurniawan, dan Pratu M. Imron.

Selain itu, Pratu Teguh Widodo, Pratu Danang Tetuko M, Pratu Darmanto, Prada Didik Cahya, Prada Heru Kustanto, Prada Faizal Reski, Prada Ibnu Setiawan, Prada Erwin Agus Untoro dan Prada Dedi Jati Kuncoro.

Belasan jenazah itu diterbangkan ke daerahnya masing-masing menggunakan dua pesawat C-130 Hercules. Tujuh jenazah diterbangkan ke Yogyakarta yakni Lettu Psk Wahyu Nanik Sardi, Prattu Didik Kurniawan, Prada Heru Kusnanto, Pratu Ari Purwanto Putra, Prada Ibnu Setiawan, Prada Dedi Jati Kuncoro, Pratu Darmanto.

Selain itu, tiga jenazah diterbangkan ke Madiun yakni Pratu Teguh Widodo, Pratu Danang Tetuko, Prada Erwin Agus Untoro. Empat jenazah yang diterbangkan ke Surabaya adalah Letnan PSk Richie Desipratika, Prada Didik Cahyo, Pratu M Imron, dan Serda Erwan Susanto.

Selanjutnya, empat jenazah lainnya diterbangkan masing-masing ke Makassar dan Padang yakni Lettu Baso Nai, Pratu Abdul Kadir, Prada Feisal Reski dan Lettu Psk Dhani Ariadi. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009