London (ANTARA News) - Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera mengungguli partai-partai lainnya di Belgia dan Luksemburg, sementara partai baru Gerindra dan Hanura naik daun dalam pemungutan suara untuk Pemilu 2009 yang berlangsung di Brussel itu.

Perhitungan sementara dari TPSLN Brussel hingga 20.30 menyebutkan, Partai Demokrat meraih 62 suara, diikuti Partai Keadilan Sejahtera dengan 49 suara dan PDI-P 40 suara, ujar PLE Priatna, pejabat KBRI Brussels kepada Antara London, Kamis malam.

Sementara Golongan Karya memperoleh 28 suara, Partai Damai Sejahtera 15 suara, Gerindra 10 suara, Partai Hati Nurani Rakyat tujuh suara, sedangkan Partai Amanat Rakyat (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masing-masing 5 suara.

Jumlah pemilih terdaftar untuk Belgia dan Luksemburg sebanyak 1043 orang, sedangkan jumlah pemilih langsung hadir sebanyak 263 dan 388 orang mengunakan mekanisme surat pos.

Jumlah suara yang sah tercatat 251 dan 12 suara diputuskan tidak sah oleh PPS yang diikuti dua orang saksi dari Partai Keadilan Sejahtera itu.

Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa Nadjib Riphat Kesoema mengakui, proses pemilihan berjalan dengan demokratis, bebas, jujur dan adil, nyaris tanpa cacat.

Yang menarik dari pemilu kali ini adalah naiknya popularitas Gerindra dan Hanura yang menggeser partai lama PAN, PPP dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Pemungutan suara yang berdekataan dengan hari libur Paskah ini memengaruhi pemilih sehingga berhalangan hadir, apalagi surat keterangan pindah tak dapat diberikan hanya karena alasan liburan, ujar dr Gunawan anggota PPLN Brussels. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009