Tokyo (ANTARA News) - Senator Amerika Serikat (AS) John McCain bertemu dengan para pejabat pemerintah dan anggota parlemen Jepang untuk membahas topik luas yang meliputi sektor energi dan masalah keamanan, termasuk Korea Utara, kata para pejabat Jumat.

Senator Republik dari Arizona dan pesaing Presiden Barack Obama dalam pemilihan presiden 2008 itu bertemu dengan Perdana Menteri Taro Aso dan Menteri Luar Negeri Hirofumi Nakasone, Kamis malam, kata para pejabat di Tokyo seperti dikutip AFP.

Dalam pembicaraan tertutup, mereka membahas berbagai masalah termasuk peluncuran roket Korea Utara akhir pekan lalu, dan perubahan iklim, kata Kementerian Luar Negeri tanpa mmberikan perincian lebih lanjut mengenai pembicaraan itu.

Kunjungan tiga hari McCain dilakukan pada saat Jepang bersikeras berusaha menjatuhkan sanksi terhadap rezim Pyongyang, yang pada Ahad lalu mengakui telah meluncurkan satelitnya, meskipun Washington, Tokyo dan Seoul meyakini bahwa peluncuran itu adalah "kedok bagi uji coba rudal".

Senator yang berusia 72 tahun dan menjabat di komisi Senat yang membidangi persenjataan dan energi itu dijadwalkan mengunjungi pembangkit listrik tenaga nuklir Tokai, Jumat, di prefektur Ibaraki, di utara Tokyo, kata seorang pejabat kedutaan AS.

Ia bertemu dengan pemimpin partai oposisi Ichiro Ozawa pada Jumat pagi.

Senator tersebut, yang dijadwalkan memberikan penjelasan pers Jumat petang, mengadakan kunjungan bersama dengan Senator Lindsey Graham dan Amy Kiobuchar ke beberapa negara Asia.

Mereka telah berkunjung ke Hong Kong, Hanoi dan Beijing.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009