Ambon (ANTARA News) - Ribuan umat Kristen melakukan pawai obor dan lampion untuk merayakan Paskah sejak Minggu dinihari. Pawai sudah mulai berlangsung sejak pukul 04.00 WIT.

Ribuan umat, terutama anak-anak keluar rumah masing-masing dengan membawa obor dan berkumpul di sektor pelayanan masing-masing, kemudian bersama-sama berjalan mengelilingi lingkungannya, sambil menyanyikan lagu-lagu rohani yang menggambarkan kegembiraan atas kemenangan Yesus Kristus atas maut pada hari ketiga setelah mati disalib.

Setelah pawai obor, ribuan umat kemudian menuju gerejanya masing-masing atau lokasi yang telah ditentukan untuk melakukan ibadah Paskah yang berlangsung hikmah.

Saat ibadah itu pun sejumlah pemuda dan anak-anak juga mementaskan prosesi jalan salib yang menggambarkan penderitaan Yesus hingga mati disalib serta kebangkitannya.

Untuk memeriahkan Paskah, di setiap sektor pelayanan digelar berbagai perlombaan yang dikhususkan bagi anak-anak sekolah Minggu, dan sudah mulai dilakukan sejak Sabtu (11/4) petang hingga minggu dinihari dan ditutup dengan perlombaan mencari telur paskah.

Saat bersamaan, ribuan umat Kristiani juga melakukan pawai dengan kendaraan bermotor mengelilingi ruas-ruas jalan di kota Ambon, kendati dalam jumlah terbatas dan mendat pengawalan aparat kepolisian yang sedang berpatroli.

Sekelompok peniup terompet dan seruling, berkeliling dengan sepeda motor atau mobil di pemukiman warga Kristiani sambil memainkkan lagu-lagu rohani, untuk membangunkan warga agar bersiap-siap melakukan pawai obor dan mengikuti ibadah yang dipusatkan di gereja masing-masing.

Lantunan kidung-kidung pujian yang bertemakan kemenangan mengiringi perayaan Paskah di semua wilayah pemukiman umat Kristiani maupun di gereja-gereja di ibukota provinsi Maluku itu. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009