Ramallah, Palestina (ANTARA) - Umat Kristen di Palestina pada Minggu (31/3) merayakan Paskah di wilayah pendudukan Tepi Barat secara tenang di tengah serangan mematikan Israel di Jalur Gaza.

Acara Misa diselenggarakan di Gereja Katolik Saint Catherine di Kota Betlehem, Tepi Barat, menurut laporan kantor berita resmi Palestina Wafa.

Kebaktian Paskah serupa jug digelar di gereja lain di Kota Beit Sahour dan Beit Jala.

Warga Kristen di Tepi Barat tidak dapat secara bebas mengakses wilayah pendudukan Yerusalem Timur untuk merayakan Paskah di tengah pembatasan mobilitas yang diberlakukan Israel, menurut wartawan Anadolu.

Kondisi di seluruh wilayah pendudukan memanas sejak Israel melancarkan serangan militer mematikan terhadap Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober.

Lebih dari 455 warga Palestina terbunuh dan sekitar 4.750 lainnya terluka akibat tembakan pasukan Israel di wilayah pendudukan, menurut Kementerian Kesehatan.

Israel dituduh melakukan genosida dalam gugatan yang diajukan ke Mahkamah Internasional (ICJ), yang pada Kamis meminta Israel agar berbuat lebih banyak untuk mencegah kelaparan di Jalur Gaza.

Hingga kini hampir 32.800 orang di wilayah kantong tersebut terbunuh akibat serangan Israel.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Israel Tutup Tepi Barat Sembilan Hari Selama Liburan Paskah
Baca juga: Menlu Italia kecam Israel atas penembakan di Gereja Katolik di Gaza

 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024