Palu (ANTARA News) - Perolehan suara caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk daerah pemilihan Sulteng, Adhyaksa Dault yang juga Mennegpora, diperkirakan melebihi Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) sehingga bisa langsung menjadi anggota DPR.

Hal tersebut dikatakan oleh juru bicara Adhyaksa Dault Center (ADC) Thalib dan Ketua DPW PKS Provinsi Palu Zainuddin Tambuala di Palu, kemarin.

Zainuddin bahkan mengatakan, keberadaan Adhyaksa membuat perolehan suara PKS melonjak dibanding Pemilu 2004. Bahkan, katanya, masyarakat yang memilih Adhyaksa bisa banyak dari mereka yang hanya memilih partai.

Menurut data yang masuk ke PKS, suara yang masuk 20 persen dari enam kabupaten (Sulteng terdiri dari sembilan kabupaten dan satu kota) suara Adhyaksa sudah 24.000 lebih.

Pada pemilu 2004, PKS hanya menduduki urutan kesembilan di Sulteng dan hanya mendapatkan satu kursi di DPRD provinsi. Tidak ada caleg PKS dari dapil Sulteng yang ke DPR. Namun berdasarkan hasil hitung cepat salah satu lembaga survei, PKS menduduki urutan ketiga di Palu pada Pemilu 2009.

Zainuddin yakin partainya akan minimal akan meraih satu kursi di DPR (ada enam kursi dari dapil Sulteng) serta diperkirakan akan meraih enam kursi di di DPRD provinsi (atau satu kursi untuk setiap dapil).

Namun hingga Minggu, hasil perolehan suara sementara Sulteng di situs KPU masih minim karena baru 173 suara yang masuk. Pada hari itu, pintu KPU Sulteng juga tertutup.

Sementara KPU Palu masih belum mau memberikan data karena hanya mau memberikan data absolut, dan tidak hanya berupa persentase.

Namun juru bicata ADC, Thalib, mengatakan, "Walau datanya bersifat sementara, tetapi data yang masuk ke tim Adhyaksa Center (ADC), hasil pemantauan di sejumlah wilayah oleh para relawan, perolehan suara Adhyaksa sangat besar dan merata di sembilan kabupaten dan satu kota provinsi Sulawesi Tengah."

Ia mengatakan, dari data yang masuk ke ADC dan hitung cepat PKS Sulteng, untuk Kota Palu saja Adhyaksa minimal memperoleh 60.000 suara.

Sebelumnya dilaporkan, di TPS 21 Kelurahan Lolu Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, dari 196 suara pemilih yang dinyatakan sah, PKS meraih suara mayoritas dan calegnya Adhyaksa memperoleh 51 suara dukungan.

Kondisi yang sama terlihat di TPS 15 Kelurahan Besusu Timur, Kecamatan Palu Timur. Sementara itu, di TPS 11 Desa Kalukubula, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, dari 177 suara pemilih yang sah, PKS meraih 115 suara dan calegnya Adhyaksa mendapat dukungan 104 suara.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009