Jakarta (ANTARA News) - Musisi Yovie Widianto mendapatkan nominasi terbanyak pada Aungerah Musik Award dengan mengantongi tujuh nominasi melalui karya-karyanya bersama band Yovie and Nuno.

Hal tersebut terungkap dalam jumpa pers penyelenggaraan AMI Award di Jakarta, Rabu.

Yovie and Nuno mendapatkan nominasi pada album terbaik, produser rekaman terbaik, album terbaik dari terbaik (best of the best), karya produki terbaik dari terbaik dan satu kategori untuk Yovie pada lagu terbaik.

Sedangkan band ST 12 menjadi nominator kedua terbanyak yaitu dengan enam kategori yaitu duo/kolaborasi/grup terbaik, penata musik terbaik, pendatang baru terbaik dari terbaik, album terbaik dari terbaik, karya produksi terbaik dari terbaik.

Dalam jumpa pers tersebut, Yovie mengharapkan siapapun yang menang AMI Award, agar terus didukung dalam bermusik.

"Dukung perjuangan kami, bagaiman menghasilkan karya original," katanya.

Yovie mengatakan apalah artinya mendapatkan uang sebanyak 5 juta dari nada dering ponsel (RBT) apabila lagu tersebut merupakan peniruan dari lagu milik orang lain.

Sementara itu, vokalis band ST 12, Charlie marasa bangga dan senang bisa mendapatkan nominasi AMI Awards.

Yayasan Anugerah Musik Indonesia bersama dengan RCTI kembali mengadakan Anugerah Musik Indonesia ke-12 dengan tema "Save Our Music".

Direncanakan acara puncak Anugerah Musik Indonesia bertema "Musik Anak Negeri" akan disiarkan langsung oleh RCTI dari Balai Sarbini, Plasa Semanggi pada 24 April mendatang.

"Musik Indonesia semakin hari semakin berkembang pesat dan perlu dipertahanakn seiring dengan meningkatnya musik-muasik asing di Indonesia," kata Direktur Utama RCTI, Sutanto Hartono.

AMI Awards merupakan ajang penghargaan musik paling bergensi yang konsisten dan transparan dalam memberikan penilaian dalam membuat kategorisasi dan pemilihan para nominator oleh Dewan Katogerisasi.

Dewan Kategorisasi tersebut antara lain beranggotakan Jan Juhana, Conrad Lamury, Terre dan Yovie Widianto.

Untuk tahun ini, nominasi AMI Awards dibagi menjadi 41 kategori dan akan dibagikan 63 piala kepada insan musik Indonesia yang berprestasi, serta penghargaan "Legend Award" kepada Amin Wijaya.

Tahun ini, AMI Awards meniadakan penghargaan musik country karena sedikitnya jumlah karya jenis musik tersebut.

Untuk nominasi pendatang baru best of the best ada Afgan, d`Massiv, Hijau Daun, ST12 dan The Cangcuters.

Ada enam nominator untuk nominasi album best of the best yaitu The Cangcuters, Sheila on 7, Mulan Jameela, ST12, d`Massiv dan Yovie and Nuno.

Sedangkan karya produksi best of the best terdapat 7 nominator yaitu Dewiq dan Ipank, Project Pop, Glenn, Nidjo, Mulan Jameela, Yovie and Nuno dan ST 12.
(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009