Jakarta, (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan penggeledahan di PT KF yang terletak di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Rabu, terkait dengan kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Departemen Kesehatan.

Menurut Jurubicara KPK Johan Budi kepada wartawan di Jakarta, Rabu, penggeledahan tersebut dilakukan untuk mencari beragam dokumen penting.

Dalam kasus tersebut, KPK sendiri telah menetapkan dua tersangka baru yang berasal dari pihak swasta. Mereka adalah petinggi PT RJM berinisial RY dan pejabat PT KF berinisial GP.

Saat ini, KPK tengah menyidik dugaan terjadinya penggelembungan harga dalam proyek pengadaan alat kesehatan di Departemen Kesehatan baik pada tahun 2003 maupun tahun 2007.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan Chandra M Hamzah mengatakan, pemberian itu terkait dengan proses pengadaan alat kesehatan yang didistribusikan ke sejumlah daerah di Indonesia.

Spesifikasi alat kesehatan dalam proyek tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan daerah terpencil. Menurut Chandra, spesifikasi alat kesehatan tersebut terlalu besar untuk dibagikan ke sejumlah daerah.

Selain mengusut proyek di Depkes pada 2003 dan 2007, KPK juga menyelidiki proyek pengadaan obat di Departemen Kesehatan pada tahun 2005 yang memiliki modus yang serupa.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009