Parpol di Makassar bantu pemerintah perangi COVID-19

Parpol di Makassar bantu pemerintah perangi COVID-19

Sejumlah pengemudi ojek daring (online) menerima masker dan "hand sanitizer" gratis untuk pencegahan COVID-19 saat pembagian di salah satu kantor partai politik di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (26/3/2020).

Makassar (ANTARA) - Sejumlah partai politik dan sayap parpol di Makassar membantu pemerintah memerangi COVID-19 dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan serta membagikan "hand sanitizer" dan masker kepada masyarakat.

"Kami membagikan masker dan 'hand sanitizer' gratis kepada warga khususnya para pengojek daring sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona," ujar Ketua Wanita Persatuan Pembangunan (WPP) Sulsel Andi Nurhidayati Zainuddin di Makassar, Kamis.

Baca juga: Sejumlah perusahaan terpanggil bantu pengadaan APD bagi tim medis

Wakil Ketua Komisi B DPRD Sulsel ini berharap langkah itu bermanfaat untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Kader DPW PPP Sulsel Eko Bramandiko menambahkan masker dan cairan pencuci tangan itu dibagikan di depan Sekretariat DPW PPP Sulsel Jalan Sungai Saddang Makassar.

Pembagian 150 masker dan "hand sanitizer" itu, kata dia, tetap mengikuti protokol standar dengan menjaga jarak.

Baca juga: PPNI Sulsel siapkan perawat bantu penanganan COVID-19

"Sebanyak 150 orang kami undang, tetapi kedatangannya satu per satu sesuai anjuran pemerintah untuk menerapkan 'social distancing' atau jaga jarak," ujar pria yang akrab disapa papa online itu.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Gerindra Sulsel Darmawangsyah Muin menyatakan pihaknya menyumbangkan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan di rumah sakit.

"Untuk bantuan APD ini senilai Rp70 juta yang kami fokuskan ke rumah sakit dulu. Selanjutnya kami kumpulkan dana fraksi untuk membantu rumah sakit lainnya," ujar pria yang akrab akrab Wawan ini.

Baca juga: Rektor Unhas dorong setiap fakultas berperan aktif cegah COVID-19

Sedangkan dari Partai Demokrat Sulsel, langkah yang dilakukan dalam memerangi virus berbahaya itu dengan memasang wastafel portabel di depan kantornya, Jalan Serui Makassar.

Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel Nimatullah Erbe mengatakan hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi pengguna jalan yang lewat bisa membasuh tangannya untuk mencegah penularan virus corona.

"Wastafel portabel ini selalu digunakan warga atau pengguna jalan saat melintas di jalan. Sering membasuh tangan dengan sabun akan menghindarkan kita dari serangan virus. Ini demi kepentingan kita semua melawan virus itu," ucap Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.

Baca juga: Pemprov Sulsel siapkan RSSR antisipasi lonjakan pasien COVID-19

DPD Partai NasDem Makasssar juga melaksanakan gerakan sosial dengan membagikan cairan disinfektan dan sanitizer sebanyak 5.000 liter kepada masyarakat, yang membawa wadah sendiri.

Sekretaris DPD Partai Nasdem Makassar Ari Ashari Ilham mengatakan pembagian itu dilakukan di sekretariat partai Jalan Faisal sebagai bagian dari kepedulian bersama-sama melindungi diri dan melawan virus yang mematikan itu.

"Kami ikut peduli dengan masifnya serangan virus corona tanpa mengenal siapa orangnya. Pembagian bantuan ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dan bersama pemerintah kita siap memerangi virus corona," katanya. 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar