Yogyakarta (ANTARA News) - Kejuaraan balap motor "U Mild U Bikers Festrack" (UMUBF) 2009 seri pertama di Yogyakarta 19 April mendatang akan melombakan lima kelas.

Adu cepat yang akan digelar di lapangan parkir Stadion Mandala Krida Yogyakarta dan diikuti puluhan pembalap nasional itu akan melombakan kelas bebek 110cc 4tak tune up seeded (MP1), bebek 125cc 4tak tune up seeded (MP2), bebek 110cc 4tak tune up pemula (MP3), dan bebek 125cc 4tak tune up pemula (MP4).

Lomba itu juga akan memperebutkan kejuaraan tim, kata Brand Manager U Mild, Yasin Tofani Sadikin di Yogyakarta, Jumat.

Ia mengatakan, balap motor yang akan digelar dalam enam putaran di enam kota di Indonesia itu, menawarkan perjenjangan karir para juara UMUBF 2009 ke pentas FIM Asian GP 2010.

"Tahun ini tiga pembalap asal Yogyakarta, yakni Florianus Roy, Sigit PD, dan Raka Sebastian merasakan menjadi wakil `U Mild U Biker Indonesia Racing Team` di pentas FIM Asian GP yang digelar selama enam seri di lima negara," katanya.

Menurut dia, kejuaraan balap motor itu memperebutkan total hadiah untuk enam putaran di enam kota Rp625,9 juta dengan total hadiah untuk setiap kota Rp75,15 juta. Khusus untuk seri terakhir di Surabaya memperebutkan total hadiah Rp168 juta.

"Untuk kelas MP1 dan MP3 di setiap kota akan diselenggarakan `superpole` dengan hadiah per seri Rp3,25 juta," katanya.

Selain itu, ada kategori baru dari arena balap motor UMUBF 2009 yang belum pernah digelar di ajang balap motor lain, yakni "the best paddock", "the best mechanic", dan "the best rookie", yang memperebutkan total hadiah Rp13,5 juta.

Ia mengatakan, penilaian "the best paddock" akan dilihat dari seberapa aman, bersih, dan rapi sebuah "paddock" sebagai penunjang utama kegiatan balap motor.

Mekanik juga mendapat perhatian dengan diikutkan dalam "the best mechanic". Dengan demikian, diharapkan dapat menjadi motivasi para mekanik untuk meningkatkan kualitas teknis di dunia balap motor.

"The best rookie" diadakan karena penilaian untuk kategori itu memberikan sebuah harapan bagi para pembalap pemula yang naik kelas seeded agar dapat lebih berkembang.

"Kategori baru itu hanya diselenggarakan di tiga seri di Jawa, yakni Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya. Untuk tiga seri lain di luar Jawa, yakni Samarinda, Manado, dan Batam kategori baru itu tidak diadakan," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009