Yogyakarta (ANTARA News) - Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan (dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas menggelar acara syukuran atas kemenangannya dalam Pemilu Legislatif 2009.

Acara syukuran yang digelar di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sabtu, dihadiri tim sukses serta ratusan simpatisan dan pendukung GKR Hemas. Atas kemenangan itu GKR Hemas dipastikan terpilih kembali menjadi anggota DPD.

Acara syukuran diisi penyerahan piagam penghargaan dari GKR Hemas kepada perwakilan tim sukses di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo serta dimeriahkan pentas seni.

Ketua panitia acara syukuran Ariswanto mengatakan, hasil penghitungan perolehan suara versi tim sukses, GKR Hemas unggul di seluruh kabupaten/kota di DIY. Total suara yang diperoleh mencapai 53,76 persen.

"Angka yang diraih dalam Pemilu Legislatif 2009 itu lebih tinggi dibandingkan dengan yang diperoleh pada Pemilu Legislatif 2004 yang kurang dari 50 persen. Perolehan suara di masing-masing kabupaten/kota di DIY juga mengalami peningkatan," katanya.

Sementara itu GKR Hemas mengatakan, acara syukuran itu sebagai ungkapan terima kasih kepada rakyat DIY dan tim sukses yang telah mendukung dirinya pada Pemilu Legislatif 2009 sehingga mampu memperoleh suara signifikan.

Menurut dia, suara yang diperoleh pada Pemilu Legislatif 2009 jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 2004. Padahal, persaingan antarcaleg pada Pemilu Legislatif 2009 jauh lebih ketat.

Perolehan suara yang signifikan itu merupakan bentuk kepercayaan rakyat DIY kepada dirinya. Kondisi itu juga menunjukkan mulai  tumbuhnya kesadaran rakyat DIY terhadap peran dan fungsi DPD.

"Perolehan suara itu juga menunjukkan prediksi sejumlah pihak yang menyatakan saya hanya akan meraih suara kurang dari 30 persen tidak terbukti. Semua itu berkat kepercayaan rakyat dan kerja keras tim sukses," katanya.  (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009