Pekanbaru (ANTARA News) - Sejumlah artis papan atas yang ingin terjun menjadi politisi sebagai calon legislatior (caleg) di Provinsi Riau belum bisa mendapatkan suara yang menggembirakan di pemilu 9 April lalu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA di Pekanbaru, Sabtu, dua selebriti yang ikut bertarung pada pemilu tampaknya belum bisa mengandalkan nama besar mereka untuk mendulang suara. Data tabulasi Nasional KPU Pusat, dua caleg artis yang bersaing di Dapil Riau 1 jumlah suaranya masih berada jauh di bawah politikus daerah.

Artis sinetron Jeremy Thomas, caleg DPR RI dari Partai Golkar hingga Jumat (17/1) malam hanya mendapatkan sebanyak 1.907 suara. Jumlah itu jauh berada di bawah caleg DPR RI dari partai yang sama, Arsyadjuliandi Rahman dan Reza Pahlevi yang masing-masing telah mengumpulkan suara sebanyak 5.989 dan 4.053.

Hal yang sama juga dialami oleh artis Syarif Kasim atau yang lebih dikenal dengan nama Eric Scada, caleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dapil Riau I. Suami artis Lyra Virna ini hanya memperoleh 842 suara.

Masih jauh dibawah perolehan suara mantan Gubernur Riau Wan Abubakar juga dari partai yang sama, yang mendapat suara cukup signifikan dengan perolehan 4.111 suara.

Menanggapi hal itu, politikus senior Partai Golkar, Chaidir menilai bahwa masyarakat saat ini sudah pintar memilih dan menyampaikan aspirasi politiknya.

"Masyarakat kita sudah cerdas, sudah bisa membedakan kiprah artis dan politikus di lembaga wakil rakyat ini," ujarnya.

Selain itu, ujarnya, masyarakat pemilih saat ini juga sudah mempunyai banyak referensi untuk mengetahui sosok caleg pilihannya melalui berbagai media yang ada.

"Semoga ini bisa menjadi pelajaran, bahwa nama besar artis belum tentu mendapat hati dari rakyat," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009