Makassar (ANTARA News) - PSM Makassar dikenai denda Rp20 juta, menyusul tindakan tak terpuji salah seorang pendukung fanatiknya yang mendorong pelatih Pelita Jaya Fandi Ahmad saat menjamu tim tersebut di stadion Andi Mattalatta Makassar beberapa waktu lalu.

"Kita pasrah dan tidak akan melakukan banding atas keputusan Komdis itu, meski denda tersebut sangat disesalkan akibat ulah salah seorang pendukung PSM," ujar penasehat hukum PSM Faizal Abdullah di Makassar, Minggu.

Menurut Faizal, pengelola PSM telah berulangkali mengingatkan penonton, khususnya mereka yang tergabung dalam ikatan suporter Makassar (ISM) agar bersikap santun dalam memberi dukungan kepada tim, namun tetap masih ada mereka yang bersikap tak terpuji.

Akibat ulah penonton, PSM sudah yang kesekian kalinya dikenai sanksi baik berupa hukuman bertanding tanpa penonton maupun dengan membayar denda kepada Komdis, ujar Faizal.

Sanksi yang dijatuhkan kepada PSM pada kompetisi Liga Super Indonesia 2009 antara lain kasus amuk penonton saat PSM kalah 1-3 atas tamunya Persela Lamongan, kemudian pemukulan wasit Yandri saat menjamu PSIS Semarang dan denda Rp50 juta kepada salah satu seorang pemain PSM karena memukul pemain lawan.

Sementara itu, Wakil Manajer PSM Ishlah Idrus mengatakan, selain denda Rp20 juta yang harus segera dibayar, Komdis PSSI juga telah menyampaikan salinan surat sejumlah pemain PSM yang dikenai hukuman kartu kuning pada saat melawan Pelita Jaya maupun pada laga tandang melawan PSMS Medan dan Sriwijaya FC di Palembang.

Menurut Ishlah, PSM akan melakoni dua partai tandang pada April 2009 ini yakni melawan Persela Lamongan pada 24 April dan menghadapi Persija Jakarta pada 29 April 2009.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009