Bandung (ANTARA News) - Sejumlah partai politik peserta Pemilu Legislatif 9 April 2009 di Kota Bandung mengaku tidak memprediksi Partai Demokrat bakal menang telak hingga di atas 20 persen.

"Kami tidak memprediksi kemenangan Partai Demokrat sebesar itu di Kota Bandung," kata Ketua Pantai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bandung Haru Suwandaru, Selasa.

Dari hasil rekapitulasi akhir penghitungan suara dan penetapan hasil akhir Pemilu 9 April 2009 menunjukan Partai Demokrat sebagai pemenang disusul PKS pada urutan kedua untuk DPR RI, DPRD Provinsi Jabar dan DPRD Kota Bandung.

Dari target PKS memperoleh 26 kursi DPRD Kota Bandung, hanya tercapai sekitar sembilan kursi.

"Kendati tidak mampu mencapai target mayoritas di parlemen, PKS tetap berusaha mewarnai penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, peduli dan profesional," ucapnya.

Sementara itu Ketua PDIP Kota Bandung, Isa Sumarja mengaku terkejut atas perolehan suara Partai Demokrat yang sama sekali diluar prediksi.

"Kami sangat terkejut atas perolehan suara Partai Demokrat di Bandung," ucap pimpinan Parpol peringkat ketiga perolehan suara Pemilu 9 April 2009 di Kota Bandung.

PDIP yang bakal mendapatkan tujuh kursi pada DPRD Kota Bandung menyatakan membuka diri untuk berkoalisi dengan partai yang sejalan dengan garis perjuangan serta visi dan misi PDIP. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009