Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) bantuan dari Pemerintah Pusat kepada Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan di wilayah setempat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak kepada awak media di Samarinda, Jumat (27/3), mengatakan bantuan APD berupa masker dari pusat tersebut berjumlah dua ribu.

"APD yang kita terima dari pusat sudah didistribusikan ke rumah sakit rujukan dan dinas kesehatan kabupaten dan kota," kata Andi M Ishak yang juga sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Provinsi Kaltim.

Dia menjelaskan terhitung ada 13 rumah sakit dan empat dinas kesehatan yang menerima APD terdiri Dinas Kesehatan Kaltim seratus 100 masker, Dinas Kesehatan Kabupaten Mahakam Ulu 50, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan 50.

Selanjutnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahrabie Samarinda sebanyak 300 masker, RSUD Inche Abdoel Moeis dan RS Tingkat IV Samarinda masing-masing 50.

Berikutnya, RSUD dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan 400, RSUD Beriman Balikpapan dan RS Tingkat II Dr R Hardjanto Balikpapan 100 masker.

RSUD Aji Muhammad Parikesit Tenggarong Kutai Kartanegara 150, RSUD Taman Husada Bontang 150, RSUD Panglima Sebaya Paser 150, RSUD Kudungga Kutai Timur 150, RSUD Dr Abdul Rivai Berau 200, RSUD Ratu Aji Putri Botung Penajam Paser Utara 50 dan RDUD Harapan Insani Sendawar Kutai Barat 50 masker.

Menurut Andi, pendistribusian disesuaikan dengan kondisi kedaruratan dan jumlah pasien yang ditangani masing-masing rumah sakit.

"Sedangkan APD yang diangkut oleh TNI AU itu didistribusikan ke dinas kesehatan baik provinsi màupun kabupaten dan kota sebagai back up, kalau sewaktu-waktu diperlukan rumah sakit di wilayahnya," ungkap Andi.

Andi sangat berharap dukungan dan bantuan pusat berupa APD dan beberapa item APD lainnya mampu meningkatkan semangat kerja para dokter dan tenaga medis dalam penanganan pasien COVID-19.

Baca juga: Pasien sembuh membuktikan COVID-19 bisa dikendalikan
Baca juga: Organisasi profesi tenaga kesehatan minta jaminan APD tangani COVID-19
Baca juga: Gudang farmasi Bantul di cek pastikan ketersediaan obat-obatan dan APD


Pewarta: Arumanto
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2020