Jakarta, (ANTARA News) - Sebanyak empat aksi unjuk rasa akan digelar berbagai kelompok di Jakarta, Rabu, yang juga bertepatan dengan Hari Bumi yang diperingati secara internasional setiap 22 April.

Menurut Koordinator Jaringan Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan, Abdul Halim, dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, berbagai LSM lingkungan hidup akan menggelar acara "orasi hijau" di depan Kedutaan Besar Jepang di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Setelah berorasi, aksi yang akan dimulai sekitar pukul 11.00 WIB itu juga akan dilanjutkan dengan melakukan "longmarch" menuju Istana Kepresidenan.

Sejumlah pegiat lingkungan hidup yang akan turut berpartisipasi antara lain Selamet Daroyni (mantan Direktur Eksekutif Walhi Jakarta), Teguh Surya (Kepala Departemen Advokasi Walhi), dan Siti Maemunah (Koordinator Jaringan Advokasi Tambang/Jatam).

Menurut Abdul Halim, kerusakan lingkungan hidup masih kerap terjadi di Indonesia, antara lain luasan hutan mangrove (bakau) di kawasan pesisir yang terus berkurang akibat ekspansi dalam bidang budidaya pertambakan.

Padahal, ujar dia, sumber daya laut dan pesisir adalah sumber penghidupan warga sekitarnya yang telah mereka kelola berdasarkan kearifan tradisional.

Selain aksi oleh LSM lingkungan hidup itu, tiga unjuk rasa lainnya pada Rabu (22/4) ini juga akan digelar di kawasan Fasilitas Umum (Fasum) Taman Alfa Indah Pesanggrahan, depan Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi di Jalan HR Rasuna Said, dan di sekitar Pertigaan Pal Kelapa Dua Cimanggis.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009