Tokyo (ANTARA News/Reuters) - Pembalap Italia, Valentino Rossi, pembalap tercepat dunia di kendaraan bermotor roda dua, merencanakan karir di roda empat bila ia sudah menyelesaikan karirnya di sepeda motor.

Juara dunia MotoGP itu, yang menandatangani kontrak baru selama dua tahun dengan Yamaha Juli lalu, mengatakan kepada Reuters bahwa ia bisa menjadi pembalap Ford di Kejuaraan Reli Dunia di masa mendatang.

"Saya berharap akan beralih ke roda empat," kata Rossi dalam wawancara sebelum Grand Prix Jepang akhir pekan ini di Motegi, tempat ia meraih kembali gelarnya tahun 2008.

"Saya kira terlalu lambat untuk Formula Satu, tetapi saya harap karir bagian kedua saya di mobil.

"Ini selalu menjadi keinginan besar saya. Saya tumbuh dewasa di sisi ayah saya (Graziano), yang menjadi pereli, jadi saya harap saat saya mengakhiri karir di sepeda motor, saya akan berkarir selama 10 tahun di mobil," katanya.

Juara kelas dunia utama enam kali itu, menempati posisi kedua di musim pembuka di Qatar awal bulan ini, telah berujicoba dengan Ferrari dan mengakui ia telah mempertimbangkan secara serius untuk beralih ke Formula Satu.

"Saya mempunyai kesempatan beralih ke Formula Satu di di akhir tahun 2006," kata Rossi. "Saya berbicara banyak dengan Ferrari. Saya mempunyai rencana serius untuk menjadi pembalap penguji di tahun 2007 dan kemudian memulai balapan di tahun 2008.

"Tetapi saya memutuskan untuk tetap di sepeda motor -- jadi ini berarti bagi saya dan Formula Satu selesai," katanya.

Pembalap berusia 30 tahun itu juga juga pernah mengikuti kejuaraan reli dunia, dan di Reli Wales Desember lalu tampil untuk ketiga kalinya dengan kendaraan Ford.

"Saya kira Kejuaraan Reli Dunia merupakan pilihan utama," kata Rossi. "Saya mempunyai hubungan sangat baik dengan Ford, jadi saya barangkali akan bersama Ford. Di musim panas 2010 saya akan memutuskan," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009