Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah akan menandatangani kontrak kerja sama pengelolaan 12 blok tambang minyak dan gas (Migas) pada acara konvensi Indonesia Petroleum Association (IPA) 5 Mei mendatang.

"Ada 12 blok yang akan ditandatangani," kata Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro di Jakarta, Kamis.

Selain penandatanganan kerja sama blok, dalam IPA yang dijadwalkan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, juga akan diumumkan penawaran 24 blok migas.

Blok yang sebagian besar berlokasi di Indonesia bagian timur tersebut terdiri dari 17 blok yang ditawarkan melalui tender reguler dan tujuh blok melalui penawaran langsung.

Ke-17 blok yang ditawarkan melalui tender reguler adalah Tomini Bay I, Tomini Bay II, Tomini Bay III, Tomini Bay IV, Tomini Bay V, Tomini Bay VI, Tomini Bay VII, North Bone, Bone Bay I, Bone Bay II, Bone Bay III, Bone Bay IV, Menui, Morowali, Sula I, Sula II, Birds Head.

Sedangkan, blok migas yang ditawarkan melalui penawaran langsung adalah Kubu, North East Ogan Komering, Offshore West Java, Blora, North Makassar, East Simenggaris, dan Digul.

Purnomo juga mengatakan, sekarang ada 107 blok yang sudah menjalankan kegiatan eksplorasi, dan 20 blok di antaranya adalah cadangan temuan baru.

"Terakhir, Lapangan Aster (Blok Bukat) yang berdasarkan pengeboran di lima sumur bisa memproduksi 40.000 barel per hari mulai tahun depan," katanya.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009