Manama (ANTARA News/Reuters) - Pembalap F1 Inggris Jenson Button menjuarai Grand Prix Bahrain, Minggu, yang merupakan kemenangannya yang ketiga dalam empat kali lomba bersama tim pendatang baru Brawn GP musim ini.

Kesuksesan pembalap berusia 29 tahun di Sakhir itu merupakan pukulan bagi tim Toyota yang berharap meraih kemenangan pertama setelah untuk pertama kali dua mobil mereka start di grid terdepan.

Pembalap Jerman Sebastian Vettel dari tim Red Bull di urutan kedua, sedangkan pembalap tim Toyota Jarno Trulli dari Italia finis ketiga.

Button kini mengantongi 31 poin, mengungguli rekan setimnya Rubens Barrichello dari Brazil yang memiliki 19 poin dan Vettel 18 poin.

Dalam lomba tersebut Button berhasil melewati juara dunia Lewis Hamilton dari tim McLaren pada lap kedua.

"Gerakan ini sungguh menentukan kemenangan kami. Saya harus tetap mempertahankan keunggulan itu dan saya berhasil. Kemenangan ini mungkin yang terbaik bagi tim kami," kata Button.

Sementara itu Trulli mengatakan: "Saya agak kecewa karena saya mengincar gelar pertama untuk tim Toyota".

"Kita tunggu saja pada lomba berikutnya," tambahnya.

Lewis Hamilton, yang timnya McLaren - Mercedes bakal mendapat sanksi berat pada pengadilan di Paris, Rabu karena membohongi petugas lomba di GP Australia, berada pada urutan keempat setelah sempat menahan Vettel di belakangnya ketika Button melesat.

Barrichello di urutan lima, mengungguli Raikkonen dan Timo Glock.

Timo Glock, pembalap tim Toyota, sempat memimpin pada 10 lap pertama sebelum akhirnya dikejar oleh Trulli.

Button sendiri, yang start pada posisi keempat, baru dapat memimpin lomba pada lap 13.

"Kami akan kembali ke Eropa dengan sejumlah poin. Ayo kita lakukan lagi Barcelona," kata Button.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009