Jakarta (ANTARA News) - Pelatih kepala tim Piala Sudirman Indonesia, Christian Hadinata, menegaskan bahwa target pertama tim Indonesia adalah menjuarai grup 1B pada kejuaraan dunia beregu campuran tersebut.

"Prinsipnya kami ingin memenangi pertandingan di grup," ujar Christian di Jakarta, Selasa.

Pada Piala Sudirman yang akan berlangsung di Guangzhou, China, 10-17 Mei, Indonesia yang menjadi unggulan kedua berada di Grup 1B bersama juara bertahan China yang menjadi unggulan ketiga, dengan Inggris dan Jepang.

Sementara Grup 1A terdiri atas unggulan pertama Denmark, Malaysia, Korea, dan Hongkong.

Ia mengatakan, pertandingan awal akan menentukan nasib selanjutnya. "Jangan sampai nasib kita ditentukan oleh orang lain, kalau bisa menang terus kita tidak tergantung pada orang lain," katanya.

Juara dan runner-up masing-masing grup maju ke semifinal.

Disinggung soal kondisi pemain, Christian mengatakan, mereka yang cedera sudah mengalami pemulihan dengan baik.

"Minggu-minggu ini adalah saat-saat kritis, jangan sampai ada pemain yang sakit atau cedera. Karena persiapan sudah bagus, kalau ada yang cedera, untuk memulai lagi dari awal akan berat," katanya.

Christian juga mengatakan, "outbond" ke Citarik yang dilakukan pada akhir pekan lalu, cukup memberi hasil yang menggembirakan dalam membangun kerjasama tim dan kebersamaan serta memberi penyegaran kembali setelah berlatih keras.

"Para senior cukup `ngemong` junior-junior mereka. Itu positif bagi para pemain yang pertamakali memperkuat tim Sudirman sehingga bisa mendampingi seniornya dengan dukungan moril dari seniornya," tambah Christian.

Meski mengatakan tidak ada simulasi, ia mengatakan akan ada semacam latih tanding sesama pemain pelatnas. "Kita simulasi di dalam saja," katanya. Tim Indonesia akan bertolak ke Guangzhou pada 6 Mei.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009