Warga Mimika positif tertular COVID-19 bertambah menjadi tiga orang

Warga Mimika positif tertular COVID-19 bertambah menjadi tiga orang

Alat Pelindung Diri (APD) beserta sejumlah sarana prasarana kesehatan lainnya disumbangkan oleh PTFI dan YPMAK kepada Pemkab Mimika untuk membantu penanggulangan wabah virus corona COVID-19. ANTARA/Evarianus Supar/aa.

memiliki riwayat perjalanan ke Jayapura dalam suatu acara
Timika (ANTARA) - Jumlah warga Mimika, Papua yang terkonfirmasi positif tertular wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) bertambah menjadi tiga orang dari sebelumnya dua orang pada Minggu (29/3).

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pemkab Mimika untuk penanggulangan COVID-19, Reynold Ubra di Timika, Selasa malam mengatakan pasien ketiga yang dinyatakan positif terjangkit COVID-19 berusia 54 tahun dan berprofesi sebagai karyawan perusahaan swasta.

"Pasien 03 COVID-19 Timika saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Hasil penulusuran informasi lapangan memberikan gambaran bahwa pasien 03 ini memiliki riwayat perjalanan ke Jayapura dalam suatu acara dan saat kembali ke Timika mengalami gejala atau tanda-tanda COVID-19," jelas Reynold.

Baca juga: Jumlah pasien positif COVID-19 di Papua bertambah jadi 10 orang
Baca juga: Seorang PDP di Kota Sorong meninggal dunia


Reynold mengatakan pasien 03 tersebut memiliki riwayat pernah berobat pada dua klinik di Timika. Selanjutnya pada Sabtu (28/3) yang bersangkutan menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Kabupaten Mimika.

Yang bersangkutan diketahui pernah bepergian ke luar Timika pada 10 Maret dan diduga masih memiliki hubungan kasus dengan salah satu kegiatan yang berlangsung di Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Berdasarkan hasil tracing contact yang dilakukan oleh jajaran Gugus Tugas Pemkab Mimika terhadap pasien 03 tersebut, didapati dua orang melakukan kontak erat risiko tinggi dengan yang bersangkutan dan telah menunjukkan beberapa gejala klinik sebagai PDP.

Selain itu diketahui dua orang melakukan kontak erat risiko rendah dengan satu gejala klinis, sedangkan 15 orang lainnya melakukan kontak dengan pasien 03 tanpa gejala.

Baca juga: KONI: penyelenggaraan PON Papua tergantung situasi pandemi COVID-19
Baca juga: Polisi perbatasan RI-Papua gelar patroli cegah Corona


Secara umum, katanya, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang menjalani perawatan di rumah sakit di Mimika sebanyak lima orang, dimana tiga orang telah terkonfirmasi positif tertular COVID-19.

"Pasien 01 dan 02 dalam keadaan sehat. pasien 03 masih dalam perawatan namun menunjukkan perbaikan," jelas Reynold.

Adapun jumlah PDP di Mimika secara keseluruhan sebanyak 16 orang, sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan sebanyak 11 orang dan jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) namun memiliki hubungan erat dengan pasien COVID-19 sebanyak 47 orang.

Dari jumlah itu, warga yang menjalani isolasi di Wisma Atlet Kelurahan Timika Jaya SP2 Timika sebanyak 19 orang, terdiri atas 10 PDP, empat OTG dan dua ODP.

Adapun enam orang yang masuk dalam status PDP di Mimika diketahui melakukan isolasi mandiri, dua diantaranya menunjukkan kondisi perbaikan.

"Hampir keseluruhan ODP, PDP dan OTG sangat kooperatif . Kami terus melakukan follow-up melalui call center maupun pemantauan di lapangan untuk mengetahui perkembangan kondisi kesehatan mereka. Besar kemungkinan beberapa pasien ODP dapat dinyatakan sembuh," kata Reynold.

Baca juga: Sorong tutup bandara dan pelabuhan untuk penumpang
Baca juga: Tutup akses bagi pendatang, Gubernur Papua Barat amankan stok sembako
Baca juga: Pasar tradisional Manokwari disemprot disinfektan prajurit TNI



 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Doni Monardo paparkan kelompok rentan COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar