Legislator: Saya minta Kemenhub hentikan operasional bus AKAP Jakarta

Legislator: Saya minta Kemenhub hentikan operasional bus AKAP Jakarta

Sejumlah bus terparkir di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (30/3/2020). . ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Saya inginnya agar Jakarta karantina wilayah. Jadi, bicara pembatasan bukan hanya terkait operasional bus ini tetapi juga moda transportasi lain yang keluar Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho menginginkan agar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bisa menghentikan operasional bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari dan ke wilayah DKI Jakarta guna menanggulangi penyebaran wabah Virus Corona baru atau COVID-19.

"Saya minta Kemenhub untuk menghentikan operasional bus AKAP untuk sementara waktu," kata Irwan Fecho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Dia mengemukakan secara pribadi dirinya mendukung kebijakan Pemprov DKI yang ingin menghentikan operasional bus AKAP, yang bila beroperasi berpotensi menjadi salah satu penyebab penyebaran Corona.

Irwan juga mengimbau pemerintah dalam hal ini khususnya Plt Menhub Luhut Panjaitan agar dapat mengesampingkan analisa dampak ekonomi dalam melihat kebijakan pelarangan operasional bus AKAP.

Baca juga: Dishub: Kompensasi dampak penghentian layanan bus masih dibahas

Politisi Partai Demokrat itu menekankan pentingnya langkah itu diambil sebagai upaya menekan penyebaran virus Corona seiring DKI Jakarta sedang dalam kondisi zona merah COVID-19.

"Saya inginnya agar Jakarta karantina wilayah. Jadi, bicara pembatasan bukan hanya terkait operasional bus ini tetapi juga moda transportasi lain yang keluar Jakarta," ujarnya.

Ia menyatakan, seharusnya hal yang diutamakan adalah keselamatan masyarakat agar terhindar wabah ini.

Baca juga: DKI tunggu pusat untuk penghentian operasi bus AKAP terkait COVID-19





 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemenhub minta akses pembuatan SIKM dipermudah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar