Pasuruan (ANTARA News) - Tiga ekor bayi Harimau Benggala (Panthera tigris bengalensis) lahir di Taman Safari Indonesia (TSI) II, Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

"Proses kelahiran ketiga bayi Harimau Benggala tersebut berlangsung normal," kata General Manager TSI II Prigen, Michael Sumampau, Minggu.

Tiga bayi harimau yang lahir bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (2/5) itu terdiri dari satu jantan, dan  betina dengan nama masing-masing Tut, Wuri, dan Handayani.

Bayi harimau tersebut lahir dari pasangan induk Dewi (11), dan pejantan Casper (16). Ketiga bayi harimau itu merupakan kelahiran keempat bagi induknya.

Namun, ketiga bayi harimau itu kini dirawat di rumah sakit satwa TSI II Prigen, karena induknya tidak mau menyusuinya.

"Bayi-bayi harimau itu lahir sekitar pukul 06.30 WIB, namun berdasarkan pengamatan dari keeper (pawang) dan tim medis, semenjak proses kelahiran, induknya menunjukkan tanda-tanda yang kurang baik," katanya.

Induknya tidak menjilati anak-anaknya yang baru dilahirkan, bahkan induknya terlihat acuh terhadap ketiga anaknya yang baru dilahirkan.

"Ketika anak-anaknya menangis untuk mencari puting susu ibunya pun tidak terlihat induknya gelisah. Melihat perilaku induknya yang kurang baik terhadap anak-anaknya, tim medis segera mengambil tindakan untuk menyelamatkan," katanya.

Ketiga bayi harimau itu kini dalam perawatan pengasuh (handrear) di rumah sakit satwa TSI II Prigen. Selama dalam perawatan di rumah sakit, bayi-bayi harimau itu diberi susu khusus untuk anak harimau. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009