Paris (ANTARA News/AFP) - Hampir dua pertiga pemilih Prancis tidak puas dengan prestasi Presiden Nicolas Sarkozy sejak pemilihannya dua tahun lalu, demikian jajak pendapat baru yang dipublikasikan Senin.

Ketika ditanya dalam survei untuk harian Metro apakah mereka puas dengan Sarkozy, 65 persen responden mengatakan mereka tidak puas, 24 persen puas dan 11 persen mengatakan mereka tidak punya pendapat.

Survei yang sama mendapati bahwa 63 persen responden menganggap secara keseluruhan catatan Sarkozy selama menjabat sebagai negatif sementara 28 persen menganggapnya positif. Sembilan persen responden mengatakan mereka tidak memiliki pendapat.

Jumlah itu kurang-lebih sama dengan catatan yang diperoleh oleh pendahulu Sarkozy, Jacques Chirac, pada tingkat yang sama dalam mandatnya, kata surat kabar tersebut.

Sarkozy, yang terpilih sebagai presiden setelah Chirac turun pada Mei 2007, telah menghadapi kemarahan publik yang meningkat karena caranya menangani krisis ekonomi, dan lebih dari satu juta orang mengambil bagian dalam demonstrasi dalam beberapa pekan terakhir.

Sekitar 250.000 orang telah masuk dalam barisan 2,2 juta pengangguran Prancis tahun ini dan para pekerja yang marah karena diberhentikan telah melakukan "bossnapping" meskipun ada peringatan dari Sarkozy bahwa taktik radikal seperti itu tidak sah.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009