Kediri (ANTARA News) - Striker Persik (Persatuan Sepak Bola Indonesia Kediri), Saktiawan Sinaga, yang ambruk dalam pertandingan antara Persik vs Persija Jakarta di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, harus istirahat total.

"Jantungnya mengalami masalah. Saat pertandingan, sempat terjadi penyempitan, yang membuat ia jatuh," kata bagian kesehatan Persik Kediri, dr. Fauzan Adima di Kediri, Jawa Timur, Rabu.

Ia mengaku, hingga kini kondisi Sakti masih mendapat perawatan yang cukup serius. Ia masih dirawat di ruang "Intensive Care Unit" (ICU), untuk memulihkan kondisinya.

Ia mengungkapkan, jantung Sakti mengalami masalah yang cukup sistemik, dimana pembuluh darahnya kekurangan oksigen. Dengan kondisi itu, ia mengatakan, Sakti harus istirahat total.

"Setidaknya ia harus istirahat total, 3-5 hari agar pulih. Dengan itu, setidaknya kondisi tubuhnya bisa lebih baik," katanya menjelaskan.

Ia juga tidak dapat memastikan, apakah Sakti dapat mengikuti pertandingan lanjutan, mengingat kondisi fisiknya masih bermasalah. Namun, jika istirahat penuh, pihaknya bisa memastikan Sakti dapat pulih.

Pelatih Persik Kediri, Aji Santoso mengaku cukup khawatir dengan sakit yang diderita Saktiawan. Namun, pihaknya yakin, kondisi Sakti dapat pulih seperti sebelumnya.

Ia juga tidak khawatir, pertahanan Persik bakal keropos, dengan keharusan Sakti istirahat total. Saat ini, ia masih mempunyai cadangan striker, seperti Indriyanto dan Yongki Ariwibowo.

Sakti jatuh saat pertandingan di menit ke-81, dekat dengan lokasi duduk anak-anak Persik Kediri. Bahkan, ia sempat mendapat bantuan oksigen, karena kehabisan nafas.

Dengan jatuhnya Sakti, Pelatih Persik Kediri, Aji Santoso lantas meminta Kusnul Yuli masuk. Sakti langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran, Kota Kediri.

Dalam duel dua macan itu, "Macan Putih" tim Persik Kediri mampu mengungguli tim tamu "Macan Kemayoran" dengan skor 2-0. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009