Moskow (ANTARA News/AFP) - Rusia, Rabu, mengusir dua diplomat Kanada yang bekerja pada kantor perwakilan NATO di Moskow, kata kedutaan besar Kanada, setelah aliansi pertahanan itu mengusir dua utusan Rusia karena diduga mata-mata.

"Duta besar berada di kementerian luar negeri dan menyerahkan sebuah nota diplomatik yang memberitahu kami bahwa kementerian luar negeri Rusia mengakhiri akreditasi dua warga Kanada yang bertugas di kantor informasi NATO di Moskow," kata juru bicara kedubes Kanada, Nicholas Brousseau kepada AFP.

"Kanada sangat menyesalkan keputusan itu. Kanada dan sekutu-sekutu NATO telah mencari jalan untuk memperbaiki kembali hubungan dengan Rusia. Keputusan untuk mengakhiri akreditasi kedua pejabat NATO itu adalah kontraproduktif bagi usaha ini," tambahnya.

Insiden itu terjadi saat ketegangan antara Rusia dan aliansi itu meningkat menyangkut pelatihan militer NATO di Georgia yang dimulai pekan ini, walaupun usaha-usaha telah dilakukan untuk memperbaiki hubungan yang sangat memburuk sehubungan dengan perang di Georgia musim panas lalu. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009