Seorang rombongan jamaah tablig dari Gowa positif COVID-19

Seorang rombongan jamaah tablig dari Gowa positif COVID-19

Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah memimpin langsung jumpa pers terkait satu orang warganya yang dinyatakan positif COVID-19 di Pangkalan Bun, Jumat (3/4/2020). ANTARA/Hendri Gunawan

Hendri Gunawan (ANTARA) - Seorang warga Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah dinyatakan positif terinfeksi virus corona (COVID-19) adalah jamaah yang pulang dari kegiatan tablig di Gowa, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, salah satu jamaah berinisial SB (47) pada 31 Maret 2020 dirujuk ke RSUD Sultan Imanuddin dan dirawat di ruang isolasi dengan status pasien dalam pengawasan (PDP), kata Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah di Pangkalan Bun, Jumat.

"Tadi malam, sekitar pukul 19.10 WIB, SB dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes cepat atau 'rapid test' dan sampel yang diujikan di Laboratorium Kesehatan di Surabaya," katanya.

Baca juga: DPR RI berikan bantuan APD untuk tenaga medis Cianjur

Menurut dia, SB merupakan salah satu rombongan jamaah yang berangkat ke Gowa, untuk mengikuti kegiatan tablig keagamaan di sana.

Kegiatan tablig tersebut sebenarnya batal digelar karena terdapat jamaah tablig yang positif COVID-19, namun para jamaah dari Kotawaringin Barat sudah terlanjur sampai di Gowa dan berinteraksi dengan rombongan jamaah dari daerah lain.

Akhirnya puluhan orang yang tergabung dalam rombongan tersebut kembali ke Kotawaringin Barat, sebagian melalui jalur udara, menggunakan pesawat dan sebagiannya lagi melalui jalur laut, menggunakan kapal.

"SB sendiri tergabung dalam rombongan yang pulang melalui jalur laut, dengan rute perjalanan Gowa-Batu Licin-Kobar," jelas Nurhidayah.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil tersebut dirinya memerintahkan Tim Gugus Tugas COVID-19 melakukan penelusuran kepada puluhan jamaah yang melakukan perjalanan ke Gowa bersama SB guna dilakukan rapid test.

"Kami sudah punya data para jamaah tersebut, nanti akan dilakukan penjemputan dan akan dikarantina sementara di Islamic Center," katanya menegaskan.

Baca juga: DPRK Banda Aceh serahkan sembako bagi tenaga medis tangani COVID-19
Baca juga: Bupati: Satu PDP di RSUD Temanggung positif COVID-19
Baca juga: RSPI Sulianti Saroso pada 3 April rawat 104 pasien, 52 positif corona
Baca juga: Tips batasi gula, garam dan lemak selama isolasi diri saat corona

Pewarta: Kasriadi/Hendri
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

3 strategi penanganan flu burung disarankan untuk tangani COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar